REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sulit untuk tidak singgah ke booth Toyota di Hall 5A ICE BSD City dalam ajang GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 yang berlangsung sejak 21 November sampai 30 November nanti. Posisinya strategis, tepat di garis lurus berhadapan dengan pintu masuk utama Hall 5 ICE.
Begitu mendekat, desain booth terasa makin megah lewat tata visual yang dirancang untuk merepresentasikan langkah Toyota menuju era elektrifikasi. Ada panggung utama berlatar panel digital berukuran raksasa dengan nuansa biru laut. Ada juga ambience light berwarna biru mengelilinginya. Booth ini bukan sekadar tempat Toyota memamerkan produknya, melainkan juga menghadirkan informasi, edukasi, dan rekreasi.
Di sisi kiri merapat ke dinding, Toyota menyajikan infografis perjalanan panjang mereka di Indonesia. Narasi dimulai dari tahun 1971, ketika Toyota pertama kali hadir secara resmi, hingga kini berkembang sebagai produsen otomotif dengan portofolio model paling lengkap di Tanah Air dengan filosofi multi pathway-nya.
Visualisasi berupa timeline, foto bersejarah, dan background putih membuat area ini menjadi salah satu spot terbaik pengunjung yang ingin mengenal cerita lama perjalanan pabrikan Jepang ini.
Lini produk lengkap
Memasuki area display mobil, Toyota menyiapkan line up lengkap yang mencerminkan kekuatan mereka di berbagai segmen dengan konsep multi pathway dan visi Mobility for All (Mobilitas untuk Semua). Namun, di GJAW kali ini, penekanan ada di lini elektrifikasi.
Tiga unit Toyota Corolla Cross Hybrid terpajang berdampingan, menonjolkan strategi elektrifikasi Toyota yang semakin masif di Indonesia. Ketiganya ditata dengan gaya elegan, mencerminkan peran model ini sebagai SUV kompak keluarga muda berteknologi ramah lingkungan.
Di panggung tengah, dua unit Alphard dan satu Vellfire Hybrid menjadi sorotan. Sama-sama mobil keluarga yang mewah, tapi punya perbedaan. Jika pengunjung ingin mengetahui detail perbedaan dua kendaraan ini, tenaga pemasaran siap melayani untuk menjelaskan perbedaan fitur masing-masing, termasuk nuansa berkendara, karakter suspensi, hingga teknologi hybrid yang disematkan di keduanya.
Masih di barisan MPV, tiga varian Toyota New Veloz Hybrid EV dipajang berdekatan untuk menampilkan pilihan lengkap bagi keluarga muda. Varian ini menjadi primadona sejak diluncurkan pada Jumat di tempat yang sama dengan harga mulai Rp299 juta.
Sementara di panggung utama, Toyota menempatkan New bZ4X Battery EV produksi lokal serta New Urban Cruiser Battery EV sebagai ikon elektrifikasi mereka. Keduanya mengapit satu unit New Veloz Hybrid EV di tengah yang mendapatkan sambutan positif. Pengunjung yang masih awam dengan detail teknis ketiga model elektrifikasi Toyota ini juga bisa menanyakannya kepada tenaga penjual yang bersiaga di hampir setiap sisi panggung utama tersebut.