REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Toyota Astra Motor resmi meluncurkan New Veloz Hybrid dalam perhelatan Gaikindo Jakarta Week (GJAW) 2025. World premiere New Veloz Hybrid ini menandai langkah besar pabrikan Jepang itu dalam memperkuat portofolio elektrifikasi di segmen kendaraan keluarga Indonesia.
Secara bersamaan, Toyota juga secara resmi memulai penjualan New bZ4X Battery EV produksi lokal dan New Urban Cruiser Battery EV, yang sebelumnya diperkenalkan di GIIAS 2025. Peluncuran ini menjadi bagian dari strategi Toyota untuk menghadirkan kendaraan rendah emisi yang lebih terjangkau dan relevan dengan kebutuhan pasar Tanah Air.
Acara peluncuran turut dihadiri jajaran petinggi Toyota Astra Motor (TAM) dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), termasuk President Director TAM Hiroyuki Ueda dan President Director TMMIN Nandi Julianto, serta sejumlah direksi lain dari kedua perusahaan. Kehadiran mereka menegaskan pentingnya model hybrid ini sebagai tonggak inovasi Toyota di Indonesia.
Komitmen jangka panjang untuk Indonesia
Dalam sambutannya, Ueda menegaskan bahwa Toyota telah menjadi bagian dari perjalanan masyarakat Indonesia selama lebih dari lima dekade. “Kepercayaan pelanggan telah menguatkan langkah kami dari tahun ke tahun. Lebih dari 50 juta orang di Indonesia memilih Toyota sebagai partner mobilitas mereka,” ujar Ueda.
Ia mengatakan, selain memenuhi kebutuhan domestik, produk Toyota Indonesia juga berperan penting di pasar global. Tahun ini, ekspor Toyota telah menembus 300 ribu unit ke lebih dari 100 negara, menjadi bukti kemampuan industri otomotif nasional bersaing di kancah internasional.
Beberapa waktu lalu, Toyota Indonesia Group juga merayakan pencapaian penting dengan mencapai volume ekspor tiga juta unit kendaraan dari Indonesia ke lebih dari 100 negara. Pencapaian ini mencerminkan kekuatan dan kemampuan industri otomotif nasional sekaligus menjadi bukti bahwa Indonesia bisa menciptakan kendaraan yang kompetitif di pasar global.
“Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan dan kepercayaan masyarakat Indonesia, yang menjadi fondasi utama dari semangat “Toyota Ada untuk Indonesia”,” kata Ueda.
Produk yang paling ditunggu dari rangkaian peluncuran ini adalah New Veloz Hybrid, MPV keluarga dengan teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang dikembangkan agar lebih efisien dan ramah lingkungan. Toyota menyebut bahwa teknologi hybrid terbarunya mampu memberikan pengurangan emisi signifikan, sekaligus menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih halus dan responsif.