REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menyabet tiga penghargaan bergengsi dari ajang Triple A Treasurise Awards 2025 yang dilakukan oleh The Asset di Hong Kong. Ketiga penghargaan tersebut adalah Best Cash Management, Best Specialist in Public Sector, dan Innovation Leader of The Year.
Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan atas keberhasilan BNI dalam menghadirkan solusi perbankan digital yang inovatif, khususnya melalui platform BNIdirect.
Sementara itu, penghargaan Asset Triple A Treasuries (Treasury, Trade, Supply Chain, Risk, ESG) adalah bentuk pengakuan tahunan atas keunggulan di industri keuangan. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan dan lembaga yang berhasil meluncurkan atau mendukung inisiatif dalam manajemen treasury korporat, trade finance, supply chain, dan manajemen risiko.
"Penghargaan ini semakin memotivasi kami untuk mempercepat transformasi digital dan mendukung pembangunan nasional," kata Direktur Corporate Banking BNI Agung Prabowo dalam siaran pers.
Penghargaan ini diterima langsung oleh GM Divisi Wholesale Digital Channel BNI Efransyah Mudani dan GM Wholesale Product & Partnership BNI I Gede Widya Anantayogadalam seremoni Triple A Treasurise Awards 2025 di Hong Kong, Rabu (21/05/2025).
Agung mengatakan, penghargaan ini mencerminkan komitmen BNI dalam menyediakan solusi keuangan yang relevan bagi nasabah korporasi. Salah satu faktor penting di balik pencapaian ini adalah transformasi BNIdirect.
"Sejak diluncurkan kembali pada Oktober 2024, BNIdirect berkembang menjadi solusi keuangan terintegrasi yang mencakup transaksi pembayaran, manajemen likuiditas, transaksi valuta asing, hingga pembiayaan perdagangan (trade financing)," kata dia.
Melalui inovasi ini, BNI berkomitmen untuk terus memperkuat peran strategisnya dalam mendorong adopsi layanan perbankan digital di Indonesia. Sejauh ini, BNIdirect telah menjadi salah satu perwujudan strategi transformasi digital BNI, yang berfokus pada penyediaan solusi keuangan adaptif dan efisien.
"Melalui BNIdirect nasabah dapat mengakses berbagai layanan secara real-time dalam satu platform yang user-friendly dan komprehensif," ujarnya.
Pada kuartal I-2025, BNIdirect mencatatkan kinerja positif. Nilai transaksi naik 33,2 persen YoY atau sebesar Rp 2.374 triliun, dengan jumlah transaksi meningkat 16,4 persen YoY menjadi 337 juta transaksi dan jumlah pengguna bertambah menjadi 188.000 pengguna.
Pencapaian ini semakin mempertegas posisi BNIdirect sebagai solusi dalam industri perbankan digital untuk korporasi, sekaligus memperkuat komitmen BNI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital dan keberlanjutan pembangunan nasional.