REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) mencatat kinerja yang resilien dengan permodalan yang kuat, likuiditas yang mumpuni, dan profil risiko yang terjaga hingga akhir tahun 2024. Kompetisi yang kian ketat mendorong BFI Finance untuk terus berinovasi lewat pengembangan jalur akuisisi melalui kolaborasi strategis guna menawarkan produk pembiayaan yang relevan dengan kebutuhan konsumen serta peningkatan layanan di berbagai lini baik jalur konvensional maupun digital.
“BFI Finance senantiasa proaktif menerapkan cara kerja dan model operasional baru guna mendukung ekspansi bisnis jangka panjang yang mendorong kinerja Perusahaan secara bertahap, melalui berbagai transformasi kerja yang komprehensif. Pendekatan ini menunjukkan komitmen BFI Finance untuk selaras dengan tujuan jangka panjang, serta memanfaatkan berbagai dinamika perubahan dalam tren pasar,” ujar Presiden Direktur BFI Finance Sutadi melalui keterangan tertulis, Senin (24/2/2025).
Hingga Desember 2024, total kelolaan aset Perusahaan mencapai Rp 25,1 triliun atau meningkat 4,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023. Pertumbuhan ini didukung oleh peningkatan piutang pembiayaan dikelola (managed receivables) yang keseluruhannya naik 9,6 persen year-on-year (yoy) menjadi Rp 24,1 triliun. Sementara itu, pembiayaan baru mencapai Rp 20 triliun atau meningkat 5,1 persen yoy.
Porsi piutang pembiayaan yang terbanyak adalah pembiayaan berjaminan kendaraan roda empat dan roda dua sebesar 59,5 persen, diikuti oleh pembiayaan alat berat dan mesin sebesar 15,5 persen, dan pembiayaan berjaminan properti sebesar 5,0 persen. Pembiayaan untuk pembelian kendaraan roda empat bekas dan baru berkontribusi sebesar 16,1 persen, sedangkan pembiayaan berbasis syariah dan lainnya sebesar 3,9 persen. Pertumbuhan piutang tertinggi berasal dari segmen pembiayaan kendaraan roda empat
bekas via showroom sebesar 35,3 persen yoy.
Peningkatan kinerja turut diiringi dengan kelolaan rasio pembiayaan diragukan dan macet (Non-Performing Financing/NPF) yang terjaga di posisi bruto 1,25 persen dan neto 0,21 persen per 31 Desember 2024, lebih rendah dari tahun sebelumnya yang mencapai 1,36 persen dan jauh lebih rendah lagi dibandingkan rerata industri yang berada di level rasio bruto 2,70 persen. Adapun NPF coverage tercatat sebesar 2,7x dari nilai NPF bruto, yang menunjukkan tingkat kehati-hatian Perusahaan. Sementara itu, Perusahaan juga mempertahankan gearing ratio yang sangat rendah sebesar 1,3x atau jauh di bawah batas maksimum yang ditetapkan OJK yakni 10x dan di bawah rerata dengan kisaran 2,31x.
Sutadi menambahkan, strategi Perusahaan untuk menjaga tingkat rentabilitas yang aman, antara lain, dengan menyalurkan pembiayaan secara lebih selektif dan melakukan diversifikasi produk. Meskipun sektor pembiayaan menghadapi tantangan ekonomi, BFI Finance cermat pada pengelolaan risiko dan kualitas kredit untuk menjaga stabilitas kinerja Perusahaan.
Secara keseluruhan, Perusahaan membukukan total pendapatan sebesar Rp 6,3 triliun diiringi dengan total perolehan laba setelah pajak senilai Rp 1,6 triliun. Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) tercatat masing-masing sebesar 8,0 persen dan 15,7 persen di tahun 2024.
Dengan fundamental bisnis yang kuat serta rekam jejak positif, sumber pendanaan juga berkembang dengan baik hingga Desember 2024. Sumber pendanaan terbesar berasal dari pendanaan bank dalam negeri sebesar 60 persen dari total pinjaman Perusahaan, disusul oleh penerbitan obligasi sebesar 19 persen.
Sepanjang tahun 2024, Perusahaan telah menjalankan kewajiban pembayaran pelunasan lima obligasinya yang jatuh tempo dengan total nominal mencapai Rp 2,4 triliun. Menutup kuartal tiga, Perusahaan telah menerbitkan Obligasi Berkelanjutan VI Tahap I Tahun 2024 dengan nilai sebesar Rp 600 miliar dengan rating ‘AA-(idn)’. Penerbitan ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berkelanjutan VI dengan target dana mencapai Rp 6 triliun.
Menjawab optimisme di tahun 2025, BFI Finance selalu bertransformasi agar tetap relevan dengan kondisi pasar yang semakin menantang melalui berbagai strategi dan inisiatif, antara lain, peluasan jaringan dengan peningkatan pelayanan terpadu berbasis digital, penyediaan solusi keuangan yang bersifat customer-centric, pengembangan teknologi end-to-end mulai dari sisi originasi pembiayaan hingga penagihan. Selain itu, aspek layanan pembiayaan konsumen juga terus ditingkatkan, termasuk modal kerja untuk para pelaku usaha, peningkatan akses pembiayaan berbasis digital melalui perangkat mobile, dan juga pelatihan wirausaha untuk konsumen dan para pelaku bisnis.
“Tahun 2024 telah kami lalui dengan baik berkat kepercayaan dan dukungan dari para konsumen, mitra bisnis, serta semua pihak terkait. Kami akan terus mengupayakan pertumbuhan yang berkelanjutan dan tangkas melihat peluang di tengah dinamika pasar yang terjadi,” ujar Sutadi.