Selasa 24 Sep 2024 19:55 WIB

Ini Empat Pembalap Binaan Astra Honda yang Siap Bertarung di GP Mandalika 2024

Pembalap Indonesia hadir di ajang balap FIM Moto3 World Championship.

Fadillah Arbi Aditama kembali mendapat kesempatan untuk turun sebagai wildcard kelas FIM Moto3 World Championship 2024 seri Mandalika pada 28-29 September2024.
Foto: Astra Honda
Fadillah Arbi Aditama kembali mendapat kesempatan untuk turun sebagai wildcard kelas FIM Moto3 World Championship 2024 seri Mandalika pada 28-29 September2024.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Fadillah Arbi Aditama kembali mendapat kesempatan untuk turun sebagai wildcard kelas FIM Moto3 World Championship 2024 seri Mandalika pada 28-29 September2024. Selain Arbi, pembalap belia lainnya Davino Britani juga akan meramaikan Mandalika sebagai pebalap wildcard di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2024 yang digelar akhir pekan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Direktur Marketing PT Astra Honda Motor (AHM), Octavianus Dwi mengatakan komitmen tinggi AHM untuk mewujudkan mimpi pembalap muda berbakat Indonesia terus diperkuat. Pembinaan bibit balap telah dilakukan melalui Astra Honda Racing School, hingga mendukung mimpi pebalap untuk mampu bersaing di kancah balap dunia.

Baca Juga

 

“Mari kita mendukung mimpi pembalap muda bertalenta di Tanah Air untuk mengharumkan nama bangsa di ajang balap dunia. Kami yakin semangat juang tinggi para pembalap Indonesia mampu memacu semangat untuk menampilkan performa terbaiknya di ajang balap FIM Moto3 World Championship dan Idemitsu Asia Talent Cup seri Mandalika nanti,” ujar Octa.

Balapan ini akan menjadi spesial karena secara total 4 anak muda potensial akan berlaga di hadapan pendukungnya di Tanah Air. Selain Arbi, pembalap binaan Astra Honda lainnya yang akan balap di GP Mandalika adalah Mario Suryo Aji (Honda Team Asia) yang menjalani tahun pertamanya sebagai pembalap Moto2, serta M. Kiandra Ramadhipa yang turun sebagai pebalap regular di ajangIATC 2024. 

 Pada kejuaraan FIM Moto3 World Championship 2024, Arbi akan menjadi pebalap wildcard ini di bawah naungan Honda Team Asia yang merupakan tim regular di ajang balap tersebut. Kelas FIM Moto3 World Championship merupakan sebuah seri dari gelaran World Grand Prix yang menggunakan mesin berkapasitas 250cc.

Arbi berkesempatan menjadi pembalap wildcard. Tahun lalu, Arbi menjadi pebalap Indonesia pertama yang mendapatkan kesempatan wildcard di ajang FIM Moto3 World Championship seri Mandalika. Tahun ini, pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah tersebut juga telah mendapatkan kesempatan wildcard di dua seri balapan dunia Moto3, yaitu di seri Catalunya dan seri Aragon, Spanyol.

 

“Ini kali kedua saya jadi pembalap wildcard di Mandalika. Tahun lalu, saya finish di posisi 17. Tahun ini, tentu target saya harus lebih baik lagi. Secara fisik, mental dan teknis, saya siap untuk memberikan hasil terbaik di Mandalika,” ujar Arbi.

 

Fadillah Arbi Aditama atau yang biasa disapa Arbi merupakan lulusan Astra Honda Racing School (AHRS) tahun 2019. Memulai karir balap internasionalnya di ajang IATC pada musim 2021 saat berusia 15 tahun, saat ini Arbi berlaga sebagai pebalap regular di ajang balap International FIM JuniorGP yang berbasis di Eropa.

Sebagai satu-satunya pembalap Indonesia yang berjuang dikejuaraan balap tersebut, Arbi telah berhasil meraih prestasi membanggakan dengan mencetak sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang berhasil menapaki podium tertinggi saat bersaing di FIM JuniorGP tahun lalu.

 

Sementara Mario Suryo Aji yang sudah menjadi pembalap regular Honda Team Asia pada kelas FIM Moto2 World Championship 2024, akan tampil perdana di depan pendukungnya langsung sebagai pebalap Moto2.

Dua tahun sebelumnya, Mario turun sebagai pebalap Moto3. Mario merupakan alumni Astra Honda Racing School tahun 2016 yang kemudian melakukan debutnya di ajang Thailand Talent Cup.

Pada musim 2018, Mario turun di ajang ATC. Prestasinya yang menjanjikan mengantarkan Mario menjadisatu-satunya wakil Indonesia yang menjadi pebalap regular di ajang balap dunia Moto3 selama dua tahun pada 2022 - 2023 danmulai menapaki ketatnya persaingan balap dunia Moto2 pada tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement