Selasa 24 Sep 2024 14:25 WIB

Jokowi: Proyek SGAR Merupakan Wujud Nyata Sinergi BUMN  

SGAR adalah pencapaian penting dalam industri mineral logam di Indonesia.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
BUMN Holding Industri Pertambangan (MIND ID) resmi mengoperasikan Smelter Grade Alumina Refinary (SGAR) di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (24/9/2024).
Foto: dok Republika
BUMN Holding Industri Pertambangan (MIND ID) resmi mengoperasikan Smelter Grade Alumina Refinary (SGAR) di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (24/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MEMPAWAH - Presiden Joko Widodo mengatakan proyek pabrik peleburan bauksit milik MIND ID grup merupakan wujud sinergi BUMN yang apik. Kolaborasi antara PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) ini mampu menjadi motor bagi kerja sama dan kolaborasi lainnya untuk kesejahteraan masyarakat.

"Semua. Semua yang berkaitan hilirisasi, kerja sama BUMN dengan swasta, oke. Kerjasama BUMN dengan BUMN, oke. Semuanya dibuka. Kerja sama dengan swasta dalam negeri, oke. Kerja sama dengan swasta luar, oke. BUMN maupun swasta, semuanya," kata Jokowi di Peresmian Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR), Selasa (24/9/2024).

Baca Juga

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan hilirisasi mineral merupakan upaya dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. Apalagi, proyek SGAR ini merupakan buah karya anak bangsa, dimana smleter ini dibentuk oleh dua BUMN tambang besar di Indonesia.

"Alhamdulillah, di hari kedua mendampingi Presiden Jokowi, saya berkesempatan untuk memastikan bahwa hilirisasi benar-benar terjadi. Hari ini BUMN, melalui Inalum dan ANTAM, memiliki kendali penuh. Meski pasar tetap terbuka dan bersaing secara bebas, penting bagi kita untuk memastikan bahwa hilirisasi benar-benar terjadi di Indonesia," kata Erick.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso menekankan SGAR merupakan wujud komitmen MIND ID dalam mendukung visi hilirisasi yang dicanangkan pemerintah. Lewat SGAR, Indonesia kini tak lagi hanya mengekspor mineral mentah, tetapi juga untuk menghemat devisa melalui produksi alumina sebagai bahan baku aluminium yang selama ini masih impor.

"Pengoperasian SGAR ini adalah pencapaian penting dalam industri mineral logam di Indonesia. Kami bersyukur bahwa di MIND ID, kami dapat melakukan integrasi penuh dari hulu ke hilir, mulai dari bauksit, alumina, hingga aluminium, sehingga kami siap untuk mendukung pengembangan ekonomi nasional," kata Hendi.

Hendi menjelaskan wujud sinergi BUMN ini merupakan upaya yang sangat baik. Antam sebagai pemegang pasokan bauksit dan Inalum yang bertanggung jawab dalam pemrosesan aluminium. Kedua BUMN ini juga langsung melanjutkan langkah pengembangan fase dua untuk kapasitas yang lebih besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement