Kamis 29 Aug 2024 00:11 WIB

Potongan Hingga 40 Persen, Pengemudi Ojol Keluhkan Susahnya Dapat Rp 100 Ribu Sehari

Rata-rata potongan mitra ojek online mencapai 40 persen.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Friska Yolandha
Ojek online berada di Kawasan Kwitang, Senen, Jakarta, Kamis (13/6/2024). Ribuan ojek online (ojol) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi bakal melakukan demonstrasi dan aksi off bid pada Kamis.
Foto: Republika/Prayogi
Ojek online berada di Kawasan Kwitang, Senen, Jakarta, Kamis (13/6/2024). Ribuan ojek online (ojol) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi bakal melakukan demonstrasi dan aksi off bid pada Kamis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan ojek online (ojol) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi bakal melakukan demonstrasi dan aksi off bid pada Kamis (29/8/2024). Aksi damai ini berkaitan dengan penurunan pendapatan mitra pengemudi. 

Para pengemudi merasa tidak puas dengan kebijakan aplikator. Sehingga mereka mendesak adanya payung hukum yang kuat untuk mengatur semuanya, termasuk perlindungan sosial ketenagakerjaan.

Baca Juga

Hal ini seperti yang dirasakan Muryoko pengemudi angkutan daring. Sejak 2017, ia sudah beralih profesi menjadi pengemudi angkutan daring roda empat.

Awalnya, ia merasa sangat terbantu dengan profesi barunya tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu potongan yang ia rasakan sangatlah besar, bahkan bisa mencapai angka 40 persen.

"Potongan antara 33 persen sampai 40 persen. Kadang 30 persen, tapi seringnya 33 persen sampai 40 persen," kata bapak tiga anak tersebut kepada Republika.co.id, Rabu (28/8/2024).

Ia pun merincikan potongan yang dibebankan yakni mulai dari biaya jemput, kemudian potongan 20 persen dan seringkali ada potongan asuransi. "Kalau customer melihat argo driver sudah include, padahal biaya jemput itu potongannya bisa dari Rp 5.000 sampai Rp 10 ribu," ungkapnya.

Oleh karenanya, saat ini ia bekerja dengan giat agar bisa menutup biaya mengisi bahan bakar kendaraan dan perawatan mobil. "Karena kalau dihitung dengan perawatan ya susah, saya harus kerja terus sampai dapat," tuturnya.

Ia juga berharap agar aspirasi para pengemudi ojek online yang digelar Kamis dapat didengar langsung oleh pemerintah sehingga penghasilan yang diterima para pengemudi sesuai dengan akal sehat.

"Kalau bisa potongan diturunin. Asuransi sekali Argo dikenakan asuransi antara Rp 1.000 sampai Rp 2.000," harapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Babeh (35) pengemudi ojek online di Jakarta Utara mengatakan, aksi damai yang akan digelar pada Kamis besok adalah untuk memperjuangkan legalitas dan payung hukum. Karena pabila pemerintah sudah mengeluarkan legalitas dan payung hukum terhadap ojol daring' aplikator sudah tidak bisa lagi semena- mena membuat aturan yang merugikan mitra, 

"Karena selama ini setiap aturan dan kebijakan aplikator yang dibuat, mitra tidak pernah dilibatkan, dan ketika kebijakan atau aturan baru sudah jadi, baru deh disosialisasikan kepada mitra. Akibatnya pendapatan teman ojol di lapangan jadi banyak yang turun drastis. Bahkan untuk mencari penghasilan Rp  100 ribu per hari sangat susah akhir-akhir ini," ungkap Babeh.

Babeh menyesalkan penyedia jasa aplikator yang tidak melakukan evaluasi, bahkan selalu membuka penerimaan mitra baru tanpa memikirkan kondisi di lapangan. Padahal, banyak pengemudi yang menunggu orderan yang sangat lama hingga lebih dari 3 jam.

Pemerintah dinilai perlu membuat....

 

Advertisement

Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
  • Menurut ojek langganan sy yg ojol jg, pertambahan ojol di kota kami sangat pesat dibanding dulu. itu yg membuat persaingan memperoleh penumpang antara ojol jg semakin ketat.
    6 Bulan lalu
  • Fakta tanpa alasan lagi terutama greb gojeg kecuali maxsim soppy.dll.fakta tanpa mengelak..potonhan pemesanan asuransi pohon..ini fakta 30% sd 40% ini faktaya memang bener..sebenarya dirugikan itu adalah derver dan konsomen..pengantaran 2 dijadikan 1 orderan aplikasi paket goceng 5000 dan peromo...greb gojek peneriman terus menerus..aturan amburadul terutama greb motor xl motor sewaa motor listrik..kebanyakan aturan dan perubahan greb hampir tiap minggu...seolah olah aplikasi greblah yg paling goood istimewa faktaya menguntungkan menejmen greb ujung2nya derver jd korban di perbudak ini pemerintah harus tegas mapia bisniss bangsa indonesia sdah muak dijajah oleh penguasaaa....rayat mu sendiri jd korban perbudakann...kemana pemerinyah duduk diam rayat mu di perbudak tidak di dengar..pemimpin jarus buka mata ini sudah leterlaluan aplikasi onlenn di indonesiaaa harus di tindaklanjutman..masa demo demo mahasiswa ojek onlen.dll..kalian diamm...indonesia mardeka tetapi isinya perperangan ekonomi tindak dan usut mapia penguasa aplikasi onlen semuaya..
    6 Bulan lalu
  • Fakta tanpa alasan lagi terutama greb gojeg kecuali maxsim soppy.dll.fakta tanpa mengelak..potonhan pemesanan asuransi pohon..ini fakta 30% sd 40% ini faktaya memang bener..sebenarya dirugikan itu adalah derver dan konsomen..pengantaran 2 dijadikan 1 orderan aplikasi paket goceng 5000 dan peromo...greb gojek peneriman terus menerus..aturan amburadul terutama greb motor xl motor sewaa motor listrik..kebanyakan aturan dan perubahan greb hampir tiap minggu...seolah olah aplikasi greblah yg paling goood istimewa faktaya menguntungkan menejmen greb ujung2nya derver jd korban di perbudak ini pemerintah harus tegas mapia bisniss bangsa indonesia sdah muak dijajah oleh penguasaaa....rayat mu sendiri jd korban perbudakann...kemana pemerinyah duduk diam rayat mu di perbudak tidak di dengar..pemimpin jarus buka mata ini sudah leterlaluan aplikasi onlenn di indonesiaaa harus di tindaklanjutman..masa demo demo mahasiswa ojek onlen.dll..kalian diamm...indonesia mardeka tetapi isinya perperangan ekonomi tindak dan usut mapia penguasa aplikasi onlen semuaya..
    6 Bulan lalu
  • Harusnya aplikator menseleksi umur yg bisa mendaftar jd driver 40th keatas / orang yg tidak mungkin lg diterima kerja di perúsahaan, jangan ýg baru lulus sekolah diterima juga...jadi akibatnya skarang kebanyakan driver
    6 Bulan lalu
  • Saya dapat uang kira Rp 120000, itu kotor lo,27000 bensin,15000 makan,2000 oli,3000 untuk servis,ya bersihnya kira2 Rp.50ribuan aja,semoga ini menjadi catatan tersendiri bagi yang berkepentingan.
    6 Bulan lalu
  • Ga bakal di denger keluhannya...klo mau ikutin aturan klo ga mau mundur.
    6 Bulan lalu
  • Memang bener adanya seperti itu. Parahh emang parahh
    6 Bulan lalu
  • Dapat 100rb kerjanya 10jam, driver ga bisa beli BBM, kalo ingin bisa BBM harus 14jam kerja, ga percaya coba sendiri, jgn pake hitungan diatas kertas, akan beda dgn kondisi lapangan
    6 Bulan lalu
  • Ngapain susah demo greb /gojek itu pya karyawan trus gk beleh motong buat gji karyawan dri mna meskipun penghasilan hrus bisa menerima coba bayangkan saudara2 kalau hri ini gk ada greb/gojek apa pengangguran apa gk tambah bayak klau gk mau di potong cri kerjaan lain yg lebih baik
    6 Bulan lalu
  • Susah Krn pemerintah lgsg di bungkam sama cindo cindo pemilik aliaksi
    6 Bulan lalu
  • Pemerintah tahunya kekuasaan dan kebahagian mereka saja....pemerintah bukannya melayani tapi pengen dilayani...cape dengan sandiwara mereka ini...urusan mereka harta, perut dan selangkangan.
    6 Bulan lalu
  • Setuju dah sama solusinya, buatin aplikasi ojol di bawah naungan pemda... Potongan maksimal 10%-20%..masa potongan bisa sampe 33% mah udh gak masuk akal.. Sama aja mitra gak ada upah buat tenaganya karena semua pendapatan udh abis sama bensin plus perawatan kendaraan.. Maxim dan indriver potongan 10% msh bs hidup perusahaannya masa iya duo ijo selamat itu??? Customer ngeluh mahal tapi mitranya ngejerit perih soal pendapatan
    6 Bulan lalu
  • Bergerak ke DPR juga. Jangan pas pemilu saja minta dukungan.
    6 Bulan lalu
  • Seharusnya pemerintah jga bikin apl ojek online. Tapi jga harus diwaspadai, ketika wacana sedang digulirkan.. Diduga ada pihak pihak yg berusaha menggagalkan, mungkin bisa aja pihak yg paling penting memutuskan terus dimasukin amplop. Memang potongan dari aplikator mengerikan, tarif mahal potongan gede, mending si kuning tarif biasa pot kurleb 11℅
    6 Bulan lalu
  • betul harus nya pemerintah buat aplikasi ojek yg bisa mensejahterakan driver,, selama ni aplikasi hnya ambil ke untungn sendiri ja,, contoh doble order di byar cmn satu kerjaan aja,, habis donk sma bensin jga
    6 Bulan lalu
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement