Jumat 26 Jul 2024 18:30 WIB

BYD Denza Ajukan Paten Sedan Z9, Segera Masuki Pasar Tiongkok dan Eropa

BYD Denza Z9 akan diluncurkan dalam varian PHEV dan BEV

Denza Z9 GT varian station wagon
Foto: dok Carnewschina
Denza Z9 GT varian station wagon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen mobil listrik asal Tiongkok BYD, dengan merek Denza, telah mengajukan paten untuk sedan Denza Z9. Mobil ini sebelumnya terlihat di Tiongkok selama uji jalan dan diharapkan akan memasuki pasar Tiongkok setelah peluncuran varian station wagon.

Gambar paten sedan Denza Z9 dibagikan oleh akun Carblueprints, yang secara khusus memantau basis paten CNIPA. Gambar-gambar ini menunjukkan varian PHEV dari sedan tersebut yang dapat dikenali melalui bemper depan dengan intake udara yang lebih besar. Selain itu, Denza Z9 GT (station wagon) juga tersedia sebagai BEV.

Desain eksterior sedan Denza Z9 tetap sejalan dengan varian station wagon. Mobil ini memiliki kap mesin yang miring, lampu depan yang besar, lampu berjalan yang tipis, dan kamera sebagai pengganti kaca spion. Mobil ini juga memiliki pilar yang dihitamkan, gagang pintu yang dapat ditarik, dan fitur ornamen yang khas pada pintu. Karena Denza Z9 ini adalah sedan, mobil ini memiliki garis atap yang ramping dan bagasi yang terpisah.

Bagian belakang Denza Z9 memiliki lampu belakang yang panjang dan bemper yang sederhana, memberikan kesan serupa dengan ‘saudaranya’ station wagon. Sebelumnya, foto mata-mata sedan Denza Z9 telah bocor secara daring, menunjukkan bahwa Denza ingin meluncurkan penjualan kendaraan ini dalam waktu dekat.

Meski belum ada informasi resmi mengenai spesifikasi sedan Denza Z9, kemungkinan besar mobil ini akan memiliki dimensi yang mirip dengan varian station wagon. Denza Z9 GT memiliki dimensi 5180/1990/1500 mm dengan jarak sumbu roda 3125 mm. Varian EV-nya ditenagai oleh tiga motor listrik (1+2) untuk 710 kW (952 hp), sementara versi PHEV menawarkan tiga motor listrik untuk 640 kW (858 hp) dan dilengkapi dengan mesin ICE 2 liter untuk 152 kW (203 hp).

Sebelumnya, CarNewsChina melaporkan bahwa Denza akan dipasarkan di Eropa, dimulai dengan peluncuran station wagon Z9 GT. Tampaknya, sedan Denza Z9 juga berpotensi memasuki pasar Eropa. Nantinya, merek Fangchengbao akan berganti nama menjadi Denza untuk pasar Eropa, dengan Bao 5 menjadi mobil peluncuran dari merek tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement