Rabu 24 Jul 2024 07:05 WIB

Jokowi Tinjau Instalasi Karantina 1,9 Juta Bibit Tebu Di Merauke

Ini untuk mengurangi risiko adanya hama penyakit berbahaya.

Presiden Joko Widodo meninjau instalasi karantina tumbuhan 1,9 juta bibit tebu dari Australia di Sermayam, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.
Foto: Badan Karantina Indonesia
Presiden Joko Widodo meninjau instalasi karantina tumbuhan 1,9 juta bibit tebu dari Australia di Sermayam, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAUKE -- Presiden Joko Widodo meninjau instalasi karantina tumbuhan 1,9 juta bibit tebu dari Australia di Sermayam, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan pada Selasa, 23 Juli 2024. Kepala Badan Karantina Indonesia (Barantin) Sahat M Panggabean yang mendampingi menjelaskan pada presiden bahwa tindakan karantina terhadap bibit tebu asal Australia tersebut dilakukan secara ketat dari pre-border, at-border sampai post-border.

"Sesuai arahan Bapak Presiden, karantina melakukan mitigasi risiko terhadap bibit dari Australia ini, agar pemanfaatannya bisa optimal dan tidak menimbulkan bahaya bagi tanaman lokal di Papua khususnya," ujar Sahat pada media sesaat setelah mendampingi kunjungan kerja presiden.

Baca Juga

Menurut Sahat, sebelum bibit dalam bentuk kultur jaringan tersebut masuk ke Merauke, Papua Selatan, petugas karantina telah melakukan kajian analisis risiko dan melakukan penilaian di tempat asalnya (pre-border). Hal tersebut untuk mengurangi risiko adanya hama penyakit berbahaya yang dapat terbawa masuk ke Indonesia.

Saat tiba di pintu pemasukan, melalui Bandara Mopah, Merauke, petugas karantina dari Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Papua Selatan melakukan pengecekan dokumen, pemeriksaan fisik hingga pengecekan jumlah dan jenisnya (at-border). Juga dilakukan pengujian laboratorium terhadap target Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) pada benih tebu asal Australia dengan metode Biomolekuler (PCR/Polymerase Chain Reaction).

Kemudian dilakukan pengawalan hingga instalasi karantina tumbuhan yang juga sekaligus sebagai tempat pengasingan dan pengamatan karantina milik PT Global Papua Abadi, di Sermayam, Tanah Datar, Merauke. Tidak hanya sampai disitu, Sahat juga menjelaskan bahwa selain pemeriksaan laboratorium, proses tindakan karantina juga dilakukan dengan pengasingan dan pengamatan terhadap tumbuh kembang benih tersebut secara konsisten sampai usia enam bulan.

Jika hasil uji laboratorium, pengasingan dan pengamatan tidak ditemukan OPTK, maka terhadap benih tersebut dapat digunakan lebih lanjut. Namun jika ditemukan indikasi terpapar OPTK maka dapat dilakukan tindakan karantina pemusnahan.

"Ini tentunya dilakukan untuk mengeliminasi bahaya yang dapat ditimbulkan," jelas Sahat.

Presiden Jokowi saat melihat proses tindakan karantina pengasingan dan pengamatan yang dilakukan Barantin menegaskan bahwa proyek tebu di Merauke tersebut merupakan Program Strategis Nasional.

Selain melihat lokasi pengasingan dan pengamatan, Presiden Jokowi juga meninjau laboratorium kultur jaringan dilanjutkan dengan melakukan Penanaman Tebu Perdana Proyek Hilirisasi Perkebunan Tebu, Pabrik Gula dan Pabrik Bioetanol di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Hadir pula dalam acara tersebut Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, Deputi Karantina Tumbuhan, Bambang serta Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Papua Selatan, Cahyono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement