Sabtu 20 Jul 2024 07:29 WIB

Mobil Listrik Honda e:N1: Hasil Riset Mendalam untuk Pasar Indonesia

Honda e:N1 dipasarkan mulai tahun depan di Indonesia.

PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan Honda e:N1 sebagai mobil listrik pertamanya untuk Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.
Foto: REPUBLIKA/FIRKAH FANSURI
PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan Honda e:N1 sebagai mobil listrik pertamanya untuk Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA– PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan Honda e:N1 sebagai mobil listrik pertamanya untuk Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM Yusak Billy mengatakan mobil listrik Honda memiliki nilai lebih karena dirancang di atas pengalaman pengembangan beragam teknologi, serta telah teruji melalui berbagai produk yang diterima oleh konsumen selama puluhan tahun. “Kami juga melakukan studi mendalam mengenai kebutuhan dan penggunaan mobil listrik di Indonesia sehingga menawarkan sebuah model yang benar-benar sesuai untuk konsumen di Indonesia,” kata Billy, Jumat (19/7/2024).

Baca Juga

Honda e:N1 dipilih Honda sebagai mobil listrik pertamanya setelah berhasil melakukan riset mendalam mengenai penggunaan mobil listrik di Indonesia. Honda e:N1 merupakan mobil listrik pertama Honda yang akan diluncurkan untuk pasar Indonesia pada tahun 2025 mendatang.

Perkenalan Honda e:N1 merupakan bagian dari roadmap Honda di Indonesia menuju visi elektrifikasi. Untuk mencapainya, Honda telah melakukan riset dan studi untuk mempelajari kebiasaan dan kebutuhan konsumen dalam menggunakan kendaraan listrik.

Dalam melakukan riset tersebut, Honda melakukan kolaborasi bersama institusi pemerintah dan pendidikan dengan produk listrik Honda terbaru yaitu Honda N-VAN e:Prototype dan Honda e. Honda kemudian memperkenalkan Honda e:N1 sebagai kendaraan listrik pertama Honda di pasar Indonesia di mana produk ini merupakan mobil listrik (EV) SUV pertama Honda di dunia. 

SUV listrik Honda ini pertama kali diperkenalkan di China pada tahun 2022 dengan nama Honda e:NS1 dan e:NP1 dan diperkenalkan untuk pasar Eropa pada pertengahan tahun 2023 dengan nama Honda e:NY1. Sementara untuk kawasan asia tenggara, model ini diproduksi pada akhir tahun 2023 dan secara resmi diperkenalkan pada pasar Thailand pada awal tahun 2024 lalu. 

Sebagai sebuah mobil listrik SUV, Honda e:N1 cocok untuk digunakan di berbagai daerah di Indonesia yang memiliki karakter jalan yang beragam. Mobil ini mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 68.8 kWh sehingga dapat digunakan untuk jarak tempuh maksimum 500 km untuk sekali pengisian daya.

Selain itu, Honda e:N1 yang ditampilkan telah mengusung teknologi fast charging dengan waktu pengisian 50 menit untuk 80 persen kapasitas baterai. Honda e:N1 menawarkan desain futuristik dengan 15.1 inch Display Audio yang futuristik serta juga dilengkapi dengan 10.25 inch TFT Meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement