Kamis 27 Jun 2024 20:56 WIB

Smelter Freeport Akhirnya Beroperasi, Airlangga: Ini Pabrik Extraordinary

Menurutnya, pembangunan sesuai estimasi waktu yang ditetapkan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Ahmad Fikri Noor
Presdir PT Freeport Indonesia Tony Wenas mengunjungi area refinery smelter yang tengah menjalani proses commissioning mesin persiapan anoda.
Foto: PT Freeport Indonesia
Presdir PT Freeport Indonesia Tony Wenas mengunjungi area refinery smelter yang tengah menjalani proses commissioning mesin persiapan anoda.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, didampingi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas meresmikan beroperasinya smelter PTFI di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur. Acara tersebut berlangsung pada Kamis (27/6/2024).

Airlangga mengapresiasi hal ini. Sesuatu yang luar biasa, menurutnya, pembangunan sesuai estimasi waktu yang ditetapkan.

Baca Juga

"Pabrik yang saya sebut extraordinary. Luar biasa dalam waktu 30 bulan sejak kita groundbreaking oleh Pak Presiden bisa (selesai pembangunan) on time. Ini luar biasa,” kata Airlangga, dalam siaran pers yang diterima Republika.

Pembangunan smelter Freeport, jelas Airlangga, bagian dari perjanjian Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Proses pembangunan berlangsung tepat waktu di mana saat ini telah mulai beroperasi dan berproduksi pada Agustus hingga mencapai kapasitas penuh pada Desember 2024.

"Jadi ini (smelter) sangat tepat waktu karena sekarang renewable energy menjadi tren dan butuh critical mineral salah satunya copper," ujar Ketua Umum Partai Golkar.

Airlangga mengatakan, dengan adanya smelter PTFI ini, maka aktivitas penambangan sampai proses pemurnian berlangsung di dalam negeri. Ia mengharapkan hal ini berdampak positif bagi perekonomian di Tanah Air, di mana nilai tambah hasil tambang akan dinikmati di dalam negeri.

Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia menyampaikan rasa syukur dengan smelter Freeport yang mulai beroperasi. Pasalnya proses pembangunannya menghadap sejumlah tantangan. Ia mengikuti dinamikanya.

Bukan sesuatu yang mudah. Terutama ketika dihadapkan pada pandemi Covid-19, beberapa tahun lalu. Pada akhirnya semua berjalan sesuai rencana.

"Ini perjalanan panjang. Saya tahu betul membangun smelter ini tidak gampang, sempat mau digeser, dinamikanya minta ampun. Pada 2021, saat kita putuskan segera membangun, ada pandemi Covid-19. Namun, hari ini kita bisa sama-sama menyaksikan smelter ini (mulai beroperasi)," ujar Bahlil.

Menurutnya, hal itu membuktikan manajemen Freeport mewujudkan komitmen untuk mengimplementasikan syarat IUPK. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang diwakili Plt Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bambang Suswantono mengatakan Kementerian ESDM memonitor dan memantau pembangunan smelter Freeport.

Bambang mengatakan, dengan adanya peresmian operasi smelter Freeport di Gresik ini maka menandai dimulainya hilirisasi mineral yang merupakan arahan Presiden Joko Widodo. "Alhamdulillah Freeport, Kabupaten Gresik, Pemprov Jatim ikut mendukung sehingga pembangunan smelter Freeport selesai tepat waktu," ujar dia.

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan pembangunan smelter baru ini merupakan komitmen PT Freeport Indonesia mendukung kebijakan hilirisasi mineral tembaga yang dicanangkan pemerintah. Ia mengatakan tembaga kedepannya akan sangat dibutuhkan oleh dunia. Negara lain sedang berlomba dalam transisi energi.

"Apa yang dicanangkan Pak Presiden dalam IUPK untuk membangun satu smelter baru lagi adalah intuisi yang tepat. Permintaan tembaga dunia akan meningkat terus, mempercepat pembentukan ekosistem electric vehicle, mempercepat Indonesia emas," ujar Tony.

Peresmian operasi smelter PTFI berlangsung di depan area Tangki Asam Sulfat. Ditandai dengan penekanan tombol sirine dimulainya operasi smelter yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti. Turut hadir dalam acara ini Pj. Gubernur Jawa Timur yang diwakili Pj. Sekdaprov Jawa Timur Bobby Soemiarsono, serta Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Smelter baru PTFI mampu memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta ton. Selain menghasilkan katoda tembaga, smelter juga menghasilkan lumpur anoda yang selanjutnya dimurnikan di Precious Metal Refinery (PMR) menjadi emas dan perak batangan, serta Platinum Group Metals (PGM). Hingga akhir Mei 2024, investasi PTFI untuk pembangunan smelter tembaga dengan desain single line terbesar di dunia ini telah mencapai 3,67 miliar dolar AS atau sekitar Rp 58 triliun.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement