Kamis 27 Jun 2024 12:33 WIB

Di Tengah Genosida di Gaza, Impor Indonesia dari Israel Melonjak 340 Persen

Meski tak memiliki hubungan dagang, terjadi ekspor-impor antara Indonesia dan Israel.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Friska Yolandha
Sebuah derek mengangkat peti kemas di pelabuhan otomatis di Tianjin, China, Senin, 16 Januari 2023. Ekspor China turun 7,5?ri tahun lalu pada Mei 2023, dan impor turun 4,5%, menambah tanda pemulihan ekonomi sedang melambat.
Foto:

Kementerian Perdagangan Turki sebelumnya menghentikan semua impor dan ekspor dari dan ke Israel. Langkah yang mulai diberlakukan pada Kamis (2/5/2024) ini didorong "semakin memburuknya tragedi kemanusiaan" di wilayah Palestina.

"Transaksi ekspor dan impor yang berkaitan pada Israel sudah dihentikan, mencakup semua produk," kata Kementerian Perdagangan Turki dalam pernyataannya, Jumat (3/5/2024). "Turki akan mengimplementasikan dengan ketat dan tegas langkah-langkah baru ini sampai Pemerintah Israel mengizinkan aluran bantuan kemanusian yang cukup dan tak terganggu ke Gaza," tambah kementerian.

Volume perdagangan dua negara pada 2023 mencapai 6,8 miliar dolar AS. Bulan lalu Turki memberlakukan pembatasan perdagangan dengan Israel. Setelah Israel tidak mengizinkan Ankara ambil bagian dalam operasi pengiriman bantuan dari udara ke Gaza.

Sebelum Kementerian Perdagangan Turki mengumumkan menghentikan semua impor dan ekspor ke Israel. Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengatakan Presiden Turki Tayyip Erdogan melanggar kesepakatan dengan memblokir semua pelabuhan bagi impor dan ekspor Israel.

photo
Rupa-Rupa Dampak Boikot Israel - (Republika)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement