Senin 17 Jun 2024 19:31 WIB

Profesi Live Streamer di China Kian Cemerlang, Penghasilannya tak Main-Main

China sedang mempertimbangkan profesi live streamer ke dalam daftar yang diakui.

Rep: Eva Rianti/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi live streaming. China sedang mempertimbangkan profesi live Streamer ke dalam daftar yang diakui.
Foto:

Belum jelas berapa lama seluruh proses akan berlangsung. Berdasarkan catatan sebelumnya, pemberitahuan untuk peninjauan diterbitkan secara bertahap dan pekerjaan revisi membutuhkan waktu tiga hingga lima tahun untuk diselesaikan.

Peran-peran seperti penyelenggara siaran langsung/livestream host, operator sistem kecerdasan buatan generatif (AI), penguji kendaraan yang terhubung dengan intelligent system, dan personel pemeliharaan sistem manufaktur dengan intelligent system masuk dalam daftar yang masuk dalam daftar tersebut, sejalan dengan dorongan teknologi tinggi Negeri Panda.

Namun penyertaan pembawa acara streaming langsung/livestream hosts paling menarik perhatian publik. Hingga menghasilkan banyak laporan berita dan banyak diskusi di platform media sosial.

Meskipun beberapa orang menyatakan skeptis, sebagian besar komentarnya positif. Jajak pendapat tidak resmi Sina News di Weibo mengungkapkan bahwa 57 persen dari 1.756 responden memandang live streaming sebagai profesi yang menguntungkan.

“Berhentilah bekerja paruh waktu atau bertani untuk mencari nafkah, semua orang harus menjadi penyiar langsung dan menikmati manfaat dari kebijakan nasional,” tulis seorang pemberi komentar, yang mendapatkan 143 suka.

Pengguna lain berkomentar: “Ada begitu banyak streaming langsung di luar sana, apa pun isinya, ini adalah langkah alami,”

Yang lain mendiskusikan kemungkinan implikasinya. “Selain membeli peralatan, Anda kini harus membayar pajak,” tulis salah satu pengguna.

Kementerian mendefinisikan pembawa acara siaran langsung sebagai orang yang terlibat dalam penyiaran real-time atau layanan interaktif melalui sarana seperti audio, video, dan informasi grafis. Ada juga tujuh lingkup pekerjaan yang terdaftar, termasuk pembuatan skrip konten siaran.

Sebanyak 11,7 juta lulusan diperkirakan akan memasuki dunia kerja di China pada tahun ini. Live streaming memiliki reputasi sebagai salah satu pekerjaan dengan hambatan masuk yang lebih rendah.

Netizen kerap menyindir....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement