Selasa 11 Jun 2024 06:11 WIB

Orang Dekat Prabowo Jadi Komut MIND ID, Grace Natalie Komisaris Independen

Dalam RUPST, mantan menkeu Fuad Bawazier disetujui menjadi komut MIND Id.

Rep: Frederikus Dominggus Bata/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID mengungah susunan komisaris.
Foto: MIND ID
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID mengungah susunan komisaris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta pada Senin (10/6/2024). Beberapa hal dibahas MIND ID dalam RUPTS Tahun Buku 2023.

RUPST MIND ID menyetujui pemberhentian dengan hormat Jisman Parada Hutajulu sebagai komisaris. Kemudian mengangkat mantan ketua umum DPP PSI Grace Natalia Louisa ke jajaran komisaris.

Baca Juga

Mantan menteri keuangan (menkeu) yang juga orang dekat Presiden Terpilih Prabowo Subianto, yaitu Fuad Bawazier terpilih sebagai komisaris utama (komut). Adapun Pamitra Wineka ditunjuk menjadi komisaris independen.

Baca: Dua Orang Dekat Presiden Terpilih Prabowo Jadi Penasihat KPPU

Berikut susunan lengkap jajaran komisaris dan direksi terbaru MIND ID:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Fuad Bawazier

Komisaris Independen: Muhammad Munir

Komisaris Independen: Pamitra Wineka

Komisaris: Astera Primanto Bhakti

Komisaris: Grace Natalie Louisa

Komisaris: Nicolaus Teguh Budi Harjanto

Direksi

Direktur Utama: Hendi Prio Santoso

Wakil Direktur Utama: Dany Amrul Ichdan

Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha: Dilo Seno Widagdo

Direktur Keuangan: Akhmad Fazri

Direktur Manajemen Risiko dan HSSE: Nur Hidayat Udin

"Dengan adanya keputusan susunan pengurus ini, diharapkan mampu membawa MIND ID untuk terus konsisten menciptakan nilai tambah di industri pertambangan yang sesuai dengan Tata Kelola Perusahaan yang baik dan mengedepankan keberlanjutan, serta berkontribusi aktif bagi ekonomi Indonesia ke depannya," kata Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso, dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Baca: RUPS 2024, PT Vale Putuskan tidak Bagi Dividen

Lewat RUPST, diketahui MIND ID membukukan kinerja positif sepanjang periode 2023. Ada ekspansi operasional bisnis yang proaktif. Itu memacu inovasi yang mampu memberi nilai tambah dan pendapatan usaha yang optimal bagi perusahaaan.

Laba bersih MIND ID sebesar Rp 27,5 triliun. Ada pertumbuhan 22,4 persen dibandingkan periode tahun buku 2022, dan 36,3 persen lebih tinggi dari Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2023.

Realisasi EBITDA MIND ID mencapai Rp 40,3 triliun. Ada pertumbuhan 9,7 persen dibandingkan tahun buku 2022, dan lebuh tinggi 57,8 persen dari RKAP 2023. Kemudian total aset perusahaan meningkat 13 persen year on year (YoY) menjadi Rp 259,2 triliun. Ini diikuti peningkatan ekuitas hingga 18 persen YoY menjadi Rp 129,6 triliun.

Dari sisi operasional, MIND ID berhasil mempertahankan laju produksi sejumlah komoditas tambang guna meningkatkan nilai tambah sumber daya mineral Indonesia. Di antaranya, nikel, tembaga, timah, batu bara, hingga emas dan perak.

Baca: Kuartal Pertama 2024, Kerugian GOTO Membaik Sebesar 89 Persen

Adapun, sepanjang Januari-Desember 2023, MIND ID telah memproduksi sedikitnya 41,90 juta ton batu bara, 15.300 ton timah ingot, 214.900 ton aluminium, 13,44 juta ton nikel, 21.500 ton feronikel, 2,01 juta ton bauksit, serta 1,2 ton emas.

Laba meroket...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ نِكَاحًا حَتّٰى يُغْنِيَهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗوَالَّذِيْنَ يَبْتَغُوْنَ الْكِتٰبَ مِمَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ فَكَاتِبُوْهُمْ اِنْ عَلِمْتُمْ فِيْهِمْ خَيْرًا وَّاٰتُوْهُمْ مِّنْ مَّالِ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اٰتٰىكُمْ ۗوَلَا تُكْرِهُوْا فَتَيٰتِكُمْ عَلَى الْبِغَاۤءِ اِنْ اَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِّتَبْتَغُوْا عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَمَنْ يُّكْرِهْهُّنَّ فَاِنَّ اللّٰهَ مِنْۢ بَعْدِ اِكْرَاهِهِنَّ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan jika hamba sahaya yang kamu miliki menginginkan perjanjian (kebebasan), hendaklah kamu buat perjanjian kepada mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barangsiapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.

(QS. An-Nur ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement