Kamis 06 Jun 2024 12:23 WIB

Presiden Apresiasi BTN Bangun Gedung di IKN, Dukung Ekonomi Masa Depan

Gedung BTN di IKN akan digunakan sebagai wadah perdagangan dan jasa.

Presiden RI Joko Widodo didampingi Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Nixon LP Napitupulu (kedua dari kanan), Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kanan), Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik (kedua dari kiri) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menekan tombol sirene untuk menandakan proses Groundbreaking pembangunan Gedung BTN di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024).  Pembangunan Gedung BTN yang berkonsep Housing and Beyond di IKN diapresiasi Presiden karena BTN diharapkan dapat mendukung percepatan transformasi ekonomi di IKN dan sekitarnya.
Foto: Dok Republika
Presiden RI Joko Widodo didampingi Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Nixon LP Napitupulu (kedua dari kanan), Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kanan), Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik (kedua dari kiri) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menekan tombol sirene untuk menandakan proses Groundbreaking pembangunan Gedung BTN di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024). Pembangunan Gedung BTN yang berkonsep Housing and Beyond di IKN diapresiasi Presiden karena BTN diharapkan dapat mendukung percepatan transformasi ekonomi di IKN dan sekitarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, NUSANTARA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk hari ini menggelar peletakan batu pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pada acara yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tersebut, Presiden mengapresiasi BTN yang akan membangun gedung di IKN karena diharapkan dapat mendukung percepatan transformasi ekonomi di IKN dan sekitarnya.

“BTN tidak salah membangun head officenya, kantor cabangnya di IKN karena sekarang ke depannya banyak dibutuhkan pembiayaan properti di kawasan ini,” kata Presiden Joko Widodo.

Baca Juga

Presiden juga menyampaikan apresiasi BTN IKN untuk pembangunan Bank BUMN lainnya sehingga transformasi ekonomi bisa berjalan cepat di kawasan IKN dan sekitarnya. 

Direktur Utama BTN, Nixon L P Napitupulu menyampaikan, Gedung BTN yang akan berdiri di atas lahan seluas 9.000 meter persegi di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur tersebut menjadi masa depan BTN yang akan berperan aktif ikut membangun perekonomian bangsa di IKN.

 

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Republik Indonesia atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada BTN karena dapat bergabung di kota masa depan Indonesia. Di atas tanah BTN di Ibu Kota Nusantara ini merupakan wujud transformasi BTN sebagai perbankan yang membawa perubahan di kota masa depan dengan perspektif baru dan rumah bagi perbankan digital,” kata Nixon dalam siaran pers, Kamis (6/6/2024). 

photo
Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan saat Groundbreaking pembangunan Gedung BTN di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024). Pembangunan Gedung BTN yang berkonsep Housing and Beyond di IKN diapresiasi Presiden karena BTN diharapkan dapat mendukung percepatan transformasi ekonomi di IKN dan sekitarnya. - (Dok Republika)

Nixon menjelaskan Gedung BTN di IKN akan digunakan sebagai wadah perdagangan dan jasa meliputi Bank Umum Konvensional (Gedung Kantor Wilayah BTN Kalimantan, Gedung Kantor Cabang BTN IKN), ATM / Layanan Perbankan Elektronik, Co-Working Space, Cafe Internal dan Ruang Terbuka Hijau. Berbeda dengan Gedung BTN yang lain, desain gedung baru BTN bertemakan “Housing and Beyond” dimana Gedung baru BTN menyatu dengan alam IKN dengan mengikuti kontur tanah tempat gedung akan didirikan.

“Kami mengkombinasikan pendekatan rumah yang nyaman seperti rumah keluarga dengan rumah masa depan yang lebih bebas namun tetap menunjang produktivitas, kolaborasi, ramah lingkungan, dan fungsional,” kata Nixon. 

Gedung BTN di IKN ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2026. Dengan hadirnya BTN di IKN, Nixon berharap Perseroan dapat meraup sebesar mungkin pangsa pasar KPR karena sebagian besar pengembang perumahan di Indonesia khususnya Kalimantan Timur telah bekerja sama dengan BTN.

“BTN juga telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman bersama Otorita IKN, dengan ruang lingkup diantaranya potensi kolaborasi dalam pengembangan program pembiayaan perumahan, baik rumah tapak maupun rumah susun di wilayah IKN, potensi BTN bekerjasama dengan Pelaku Pembangunan Perumahan serta potensi kolaborasi dalam pengembangan program pembiayaan non-perumahan dan jasa layanan perbankan lainnya di IKN,” kata Nixon mengungkapkan.

Konsep Housing and Beyond yang menjadi tema, lanjut Nixon, juga sejalan dengan cita-cita Bank BTN yang terus berinovasi dan mengembangkan kapabilitas untuk mendukung sektor perumahan yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang sehingga Bank BTN dapat menjadi one stop solution in the housing ecosystem yang mengembangkan fokus bisnis kepada seluruh aspek yang terhubung dengan perumahan. Bank BTN juga akan berperan aktif dalam pembiayaan properti di sektor produktif, mendukung pengembangan UMKM untuk ekspansi bisnis daerah setempat dan juga mendukung kebutuhan modal kerja bagi para pelaku usaha di IKN dan kawasan penyangga yang menawarkan berbagai kemudahan fasilitas transaksional yang terus dikembangkan dari waktu ke waktu.

“Kami menyambut baik para Kontraktor, karena BTN siap mendukung kebutuhan akan jasa perbankan lainnya seperti Bank Garansi, SCF, SKBDN, maupun Kredit Modal Kerja Kontraktor yang skemanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis pelaku usaha dan BTN juga akan mendukung pengembangan UMKM untuk ekspansi bisnis daerah setempat,” kata Nixon.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement