Rabu 29 May 2024 14:20 WIB

BRI Sabet Penghargaan The Best Human Capital, Jamin Keberlanjutan Bisnis

Human Capital Index jadi tolak ukur negara-negara implementasikan SDM berkualitas.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
BRI mendapatkan apresiasi sebagai The Best Human Capital for Improving Employee Capability to Support Productivity and Business Suistainbillity.
Foto: BRI
BRI mendapatkan apresiasi sebagai The Best Human Capital for Improving Employee Capability to Support Productivity and Business Suistainbillity.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Rakyat Indonesia (BRI) mendapatkan apresiasi sebagai The Best Human Capital for Improving Employee Capability to Support Productivity and Business Suistainbillity. Penghargaan itu diterima dari Indonesia Human Capital Awards 2024.

Mengangkat tema “Creating Diversity and Inclusion Human Capital for Winning Transformation Era”, Warta Ekonomi memberikan apresiasi bagi perusahaan yang telah berjasa menghadirkan pengelolaan human capital atau pengembangan sumber daya manusia terbaik di Indonesia.

Baca Juga

Chief Executive Officer Warta Ekonomi, Muhamad Ihsan mengatakan, masifnya jumlah masyarakat berusia produktif Indonesia merupakan pertumbuhan bonus demografi yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Hal ini mengingat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dapat memengaruhi produktivitas perekonomian di Indonesia.

“Kami melihat terjadinya dinaminasi proses bisnis yang luar biasa. Dunia digital menciptakan keragaman dan inklusivitas dalam tempat kerja. Semua bisa bergaul dengan semua orang karena terkoneksi dimanapun,” ujarnya dalam keterangan, Rabu (29/5/2024). 

 

Terbaru, berdasarkan laporan terakhir dari World Bank melalui The Human Capital Index 2020 Update bahwa Indeks Sumber Daya Manusia (Human Capital Index/ HCI) Indonesia memiliki angka cukup baik (0,54) bahkan lebih baik dari Filipina (0,52) dan India (0,49), namun angka tersebut jauh dari negara seperti Singapura, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan China sehingga menempatkan Indonesia di peringkat ke-96 dari 173 negara.

“Human Capital Index menjadi tolak ukur negara-negara dalam mengimplementasikan penciptaan SDM yang memenuhi kualitas di suatu negara. Hal ini menjadi dasar wujud kehadiran SDM yang mumpuni. Peringkat Indonesia di HCI Global dari tahun ke tahun menandakan adanya peningkatan,” kata Ihsan.

Peningkatan Human Capital Index yang dialami oleh Indonesia ini berbanding lurus dengan strategi pemerintah pusat hingga industri dalam pengembangan SDM sebagai langkah pemanfaatan bonus demografi masyarakat Indonesia sebagai jalan menuju Indonesia Emas 2045. 

“Inovasi berkesinambungan dengan adanya keragaman SDM dan proses kerja SDM akan meningkatkan keeratan hubungan antara perusahaan dan budaya inovasi,” kata Ihsan.

Penghargaan pada tahun ini merupakan penghargaan kedua kalinya yang diberikan Warta Ekonomi kepada perusahaan yang terus melakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Setidaknya ada enam aspek terkait dengan pengembangan sumber daya manusia yang berpengaruh terhadap dinamika bisnis; Strategic Alignment, Leadership Quality, Talent and Engagement, Cultur and Identity, Change Agility, dan Execution. Diharapkan para pemenang penghargaan tak hanya akan terus berinovasi untuk memberikan dampak positif pada kinerja perusahaan maupun pertumbuhan ekonomi Indonesia, namun juga dapat lebih bersinergi dan berkinerja lebih baik untuk membangun Indonesia.

“Konsistensi Perusahaan merealisasikan human capital terbaik bertahap dengan langkah yang berkaitan dengan transformasi Perusahaan, karena SDM ini menjadi motor dari agility perusahaan,” tutur Ihsan. 

Selain BRI, berikut sederet perusahaan yang berhasil menerima penghargaan dalam gelaran Indonesia Human Capital Awards 2024.  

1. PT Bank Mandiri Tbk sebagai The Best Human Capital for Corporate Culture and Core Value Internalization to Achieve Strategic Goals

2. PT Bank Negara Indonesia Tbk sebagai The Best Human Capital for Creating Working Process Efrectivity and Efficiency to Realize Organizational Agiliyy

3. PT Bank Maybank Indonesia Tbk sebagai The Best Human Capital for Continuing Human Capital Transformation Process to Support Business Growth and Productivity dalam kategori Conventional Bank

4.. PT Bank CIMB Niaga Tbk sebagai The Best Human Capital for Human Capital Digitalization to Improve Effectivity and Digital Employee Experience dalam kategori Conventional Bank

5. PT Bank Central Asia Tbk. sebagai The Best Human Capital for Enhancing Employee Capacity to Encourage Innovation Culture and Competitive Advantage dalam kategori Conventional Bank.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement