Jumat 24 May 2024 16:42 WIB

Dukung UMKM, OJK Gelar Harvesting Gerakan Nasional BBI dan BBWI 2024

Kegiatan OJK disinergikan dengan Sriwijaya Expo sebagai perayaan HUT Provinsi Sumsel

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Provinsi Sumsel) menggelar kegiatan puncak semarak (Harvesting) UMKM Naik Kelas, Belanja Lokal Gencar, serta Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Tahun 2024. 
Foto: Dok OJK
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Provinsi Sumsel) menggelar kegiatan puncak semarak (Harvesting) UMKM Naik Kelas, Belanja Lokal Gencar, serta Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Tahun 2024. 

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Daerah Provinsi Sumatra Selatan (Provinsi Sumsel) menggelar kegiatan puncak semarak (Harvesting) “UMKM Naik Kelas, Belanja Lokal Gencar, serta Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” dalam rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Tahun 2024. 

Kegiatan ini akan disinergikan dengan kegiatan Sriwijaya Expo sebagai perayaan HUT Provinsi Sumsel yang akan berlangsung pada 24-28 Mei 2024 di Lapangan DPRD Provinsi Sumsel.

Acara Gerakan Nasional BBI dan BBWI di Palembang ini merupakan bagian dari komitmen kuat OJK untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendorong ekonomi nasional, khususnya melalui pemberdayaan UMKM.

Dukungan OJK yang berkelanjutan dan terarah, diharapkan dapat mengembangkan UMKM dan pariwisata Indonesia menjadi pilar utama perekonomian nasional.

Dengan mengusung semangat “Belanja dan Melancong ke Sumsel Bae”, Gernas BBI-BBWI Provinsi Sumsel menargetkan beberapa pencapaian, yaitu:

● Pendampingan dan pelatihan platform digital bagi UMKM (Onboarding) UKM/IKM/Artisan

● Transaksi belanja UMKM pada kegiatan Harvesting minimal Rp50 miliar per daerah

● Belanja Produk Dalam Negeri oleh Kementerian/Lembaga/Pemda minimal 95 persen dari APBN dan APBD

● 13,2 juta perjalanan pariwisata domestik di Provinsi Sumsel

Dalam rangkaian Gernas BBI/BBWI 2024, OJK dan Pemerintah Daerah Provinsi Sumsel telah berkolaborasi menyelenggarakan berbagai kegiatan, di antaranya:

● Delapan sesi pelatihan UMKM Naik Kelas di 17 Kabupaten/Kota di seluruh Sumsel, melibatkan 1.373 UMKM dengan materi-materi pelatihan antara lain optimalisasi platform digital bagi sarana promosi dan pembayaran digital, pentingnya legalitas bagi UMKM, serta perencanaan dan laporan keuangan.

● Pendampingan intensif bagi seluruh UMKM peserta pelatihan.

● Layanan bagi UMKM peserta pelatihan, seperti penerbitan sertifikat halal, NIB, dan akses pembiayaan usaha.

● Seleksi dan penunjukan 50 UMKM terbaik dari berbagai kategori.

● Pemberian penghargaan kepada 5 UMKM Champion Provinsi Sumsel yang nantinya akan mewakili Sumsel dalam tingkat nasional.

Harvesting Gernas BBI-BBWI 2024 Provinsi Sumsel akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik, seperti:

● Pameran Produk UMKM (BBI): Menampilkan produk-produk unggulan dari berbagai UMKM di Sumsel seperti produk kriya dan biji kopi lokal.

● Promosi Pariwisata Sumsel: Memperkenalkan berbagai destinasi wisata menarik di Sumsel.

● Pertunjukan Seni dan Budaya: Menampilkan kekayaan seni dan budaya Sumsel yang mendunia.

● Gerakan pasar murah: Membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

● Cooking Demo: Menampilkan demo memasak masakan khas Sumsel.

● UMKM Show (Kriya Fashion Show): Memperkenalkan produk-produk kreatif dan inovatif dari UMKM Sumsel.

● Fashion Show: Menampilkan parade busana tradisional dan modern dari berbagai daerah di Sumsel.

Pelaksanaan Harvesting Gernas BBI-BBWI Provinsi Sumsel rencananya akan dihadiri antara lain Ketua Dewan Komisioner OJK, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK dan Pj. Gubernur Sumatera Selatan.

OJK mengajak seluruh masyarakat untuk hadir dan memeriahkan Harvesting Gernas BBI-BBWI Provinsi Sumsel. Acara ini merupakan kesempatan emas untuk mendukung UMKM dan pariwisata Sumsel, serta menikmati berbagai hiburan dan kegiatan menarik.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ نِكَاحًا حَتّٰى يُغْنِيَهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗوَالَّذِيْنَ يَبْتَغُوْنَ الْكِتٰبَ مِمَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ فَكَاتِبُوْهُمْ اِنْ عَلِمْتُمْ فِيْهِمْ خَيْرًا وَّاٰتُوْهُمْ مِّنْ مَّالِ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اٰتٰىكُمْ ۗوَلَا تُكْرِهُوْا فَتَيٰتِكُمْ عَلَى الْبِغَاۤءِ اِنْ اَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِّتَبْتَغُوْا عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَمَنْ يُّكْرِهْهُّنَّ فَاِنَّ اللّٰهَ مِنْۢ بَعْدِ اِكْرَاهِهِنَّ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan jika hamba sahaya yang kamu miliki menginginkan perjanjian (kebebasan), hendaklah kamu buat perjanjian kepada mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barangsiapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.

(QS. An-Nur ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement