Selasa 21 May 2024 21:18 WIB

Stafsus Erick Thohir Ungkap Bio Farma Bantu Pembayaran Gaji Karyawan Indofarma

Indofarma di bawah Bio Farma langkah tepat.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Pabrik obat PT Indofarma, Tbk
Foto: antaranews.com
Pabrik obat PT Indofarma, Tbk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Mahendra Sinulingga mengatakan langkah Menteri BUMN Erick Thohir membentuk holding BUMN farmasi sudah tepat.

Dengan model holding tersebut, Arya menyampaikan, PT Bio Farma (Persero) selaku induk holding dapat memberikan dukungan berupa pembayaran gaji karyawan Indofarma. 

Baca Juga

"Jadi, langkah kami dulu itu membuat Indofarma di bawah Bio Farma adalah langkah tepat juga karena ketika kondisi Indofarma jelek, paling tidak, untuk gaji dan sebagainya bisa ditanggulangi Bio Farma," ujar Arya saat konferensi pers virtual pada Selasa (21/5/2024).

Arya menyampaikan ketidakmampuan Indofarma dalam membayarkan gaji karyawan sudah akan terjadi sejak tahun lalu jika tidak berada dalam holding BUMN farmasi. Arya mengatakan Bio Farma hingga akhir tahun lalu membantu Indofarma dalam menunaikan kewajibannya terhadap para karyawan. 

"Kalau Indofarma tidak di bawah Bio Farma itu mungkin tahun lalu gajinya tidak dibayar, tapi kan sampai tahun lalu karena di bawah Bio Farma itu masih dibayarkan," ucap Arya. 

Kendati begitu, lanjut Arya, Bio Farma tak bisa terus-menerus menanggung beban Indofarma. Terlebih, dugaan fraud ini terjadi pada anak usaha Indofarma yakni PT Indofarma Global Medika, yang notabene cucu usaha Bio Farma. 

"(Gaji) Indofarma sudah berbulan-bulan dibayar Bio Farma. Kalau sekarang, sudah kebanyakan, sudah ratusan miliar uang Bio Farma untuk bantu Indofarma, akhirnya dibatasi, tidak bisa lagi gelontorin uang, makanya terhambat di pembayaran gaji, kalau terus dilakukan Bio Farma, kasihan," kata Arya. 

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko menyampaikan laporan kepada Kejaksaan Agung merupakan bentuk komitmen Kementerian BUMN dalam memperbaiki kondisi perusahaan farmasi pelat merah tersebut. Tiko menegaskan Kementerian BUMN akan memberikan tindakan tegas bagi pelaku fraud di lingkungan BUMN.  

"Memang harus ada tindakan hukum, sama seperti yang dulu-dulu, seperti Jiwasraya, Garuda, kita mendukung penegakan hukum," ujar Tiko. 

Tiko menyampaikan proses penyelesaian hukum juga akan dibarengi dengan perbaikan tata kelola perusahaan, terkait nasib para karyawan. Tiko mengatakan induk holding BUMN farmasi, PT Bio Farma saat ini sedang melakukan proses restrukturisasi terhadap Indofarma. 

"Nanti harapannya, dengan dukungan Bio Farma kita bisa menyelesaikan sebelum PKPU nanti untuk semua kewajiban ke karyawan," kata Tiko. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ نِكَاحًا حَتّٰى يُغْنِيَهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗوَالَّذِيْنَ يَبْتَغُوْنَ الْكِتٰبَ مِمَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ فَكَاتِبُوْهُمْ اِنْ عَلِمْتُمْ فِيْهِمْ خَيْرًا وَّاٰتُوْهُمْ مِّنْ مَّالِ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اٰتٰىكُمْ ۗوَلَا تُكْرِهُوْا فَتَيٰتِكُمْ عَلَى الْبِغَاۤءِ اِنْ اَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِّتَبْتَغُوْا عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَمَنْ يُّكْرِهْهُّنَّ فَاِنَّ اللّٰهَ مِنْۢ بَعْدِ اِكْرَاهِهِنَّ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan jika hamba sahaya yang kamu miliki menginginkan perjanjian (kebebasan), hendaklah kamu buat perjanjian kepada mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barangsiapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.

(QS. An-Nur ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement