Rabu 15 May 2024 15:36 WIB

Sandiaga Dorong Kolaborasi Penguatan Pengawasan Kelaikan Bus Pariwisata

Sandiaga mengatakan perlunya peningkatan manajemen krisis.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif Sandiaga Uno.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menteri Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif Sandiaga Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong kolaborasi seluruh pihak terkait untuk memperkuat pengawasan terhadap kelaikan bus pariwisata di Indonesia. Sandiaga mengatakan perlunya peningkatan manajemen krisis dalam mengantisipasi kejadian kecelakaan bus pariwisata di Ciater, salah satunya melalui peningkatan pengawasan kelayakan bus pariwisata.

"Kecelakaan ini terpicu oleh kondisi kendaraan yang tidak laik," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Baca Juga

Pengawasan tersebut, sambung Sandiaga, salah satunya bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi aplikasi Sistem Perizinan Online Angkutan Darat dan Multimoda (SPIONAM) dari Kementerian Perhubungan.

"Kita harus terus melakukan edukasi yang lebih baik dan memberikan informasi kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mengecek data di Kementerian Perhubungan dan asosiasi agen perjalanan base-base mana yang lolos penilaian melalui aplikasi SPIONAM. Sehingga ini mudah-mudahan ini tidak terjadi lagi," ucap Sandiaga.

 

Sementara itu, Staf Ahli Menparekraf Bidang Manajemen Krisis, Fadjar Hutomo mengatakan Kemenparekraf selalu menyosialisasikan kampanye pemilihan bus pariwisata yang lulus uji laik. Hal ini terus dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif mengingat masih tingginya frekuensi kejadian dan korban yang ditimbulkan.

Fadjar menilai perlunya intervensi ke usaha pariwisata yang ada di bawah pembinaan Kemenparekraf seperti biro perjalanan wisata dan dan pengelola tempat wisata, dan harus melibatkan peran aktif asosiasi pelaku parekraf untuk memperhatikan kelaikan bus pariwisata, memperhatikan jadwal perjalanan, dan penyiapan fasilitas istirahat bagi pengemudi bus.

"Masyarakat juga harus terus diedukasi agar hanya memilih dan menggunakan bus pariwisata yang lulus uji laik melalui aplikasi SPIONAM," kata Fadjar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement