Selasa 13 Feb 2024 12:08 WIB

Dirut BRI: Holding Ultra Mikro Komitmen Ciptakan Kesetaraan Gender

Keberadaan Holding Ultra Mikro merupakan sumber pertumbuhan baru di masa mendatang.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Budi Raharjo
Direktur Utama BRI Sunarso.
Foto: Dok. BRI
Direktur Utama BRI Sunarso.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Holding Ultra Mikro berkomitmen menciptakan kesetaraan gender dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDG). Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, Sunarso, mengatakan hal ini merupakan bentuk wujud BRI dalam melakukan pemberdayaan kepada wanita prasejahtera atau underprivileged women. 

"Ini juga menguatkan komitmen BRI untuk mendukung pencapaian SDGs khususnya yang terkait dengan kesetaraan gender," ujar Sunarso dalam keterangannya di Jakarta.

Sejak berdiri September 2021, keberadaaan Holding Ultra Mikro (UMi) dinilai berhasil membuka akses keuangan yang lebih luas dan meningkatkan kesejahteraan dan mendorong perekonomian nasional. Holding meliputi sinergi antara BRI, PNM dan Pegadaian. 

Menurut Sunarso sinergi tiga BUMN itu menegaskan peran perusahaan pelat merah yang menjadi ujung tombak ekonomi kerakyatan di Indonesia. "Hingga akhir Desember 2023 jumlah nasabah holding ultra mikro tercatat mencapai 37 juta peminjam," kata dia.

Keberadaan Holding Ultra Mikro merupakan sumber pertumbuhan baru di masa mendatang. "Keberhasilan BRI Group mengintegrasikan nasabah di segmen ultra mikro tersebut berdampak terhadap penurunan jumlah nasabah yang belum mendapatkan akses keuangan formal,” ucap Sunarso melanjutkan.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement