Selasa 23 Apr 2024 20:41 WIB

Menhub Sebut Bandara IKN Sesuai Rencana, Diuji Coba Juli Mendatang

Bandara tersebut diharapkan selesai pada Juli mendatang.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Lida Puspaningtyas
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara,  Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Pembangunan bandara yang dapat didarati pesawat besar itu diprediksi beroperasi pada Desember 2024 guna mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Pembangunan bandara yang dapat didarati pesawat besar itu diprediksi beroperasi pada Desember 2024 guna mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, proyek pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) masih sesuai rencana dan dikerjakan dengan baik. Saat mengecek progres pembangunan Bandara IKN pada Selasa (23/4/2024, Budi Karya menilai, bandara ini bisa diuji coba pada Juli mendatang.

“Sejauh ini, progres pembangunan Bandara IKN berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Melihat perkembangannya, saya optimistis bandara ini dapat diujicobakan pada bulan Juli mendatang,” ujar Budi Karya dikutip dalam keterangannya, Selasa (23/4/2024).

Baca Juga

Budi Karya mengecek sejumlah lokasi, salah satunya titik yang nantinya akan menjadi runway

“Tadi saya melihat ada satu pekerjaan soil improvement (perbaikan tanah) di beberapa lokasi runway. Secara garis besar, pengerjaannya sudah bagus,” katanya.

Ia juga menekankan pembangunan Bandara IKN dikerjakan dengan sangat serius. Semua pekerja, kata Budi Karya, bekerja secara intensif demi memastikan proyek tersebut dapat selesai tepat waktu.

Menurutnya, para pekerja juga memastikan tetap menjaga kelestarian alam selama mengerjakan Bandara IKN. “

Saya juga senang karena pengerjaan bandara ini tetap mempertahankan kehijauan alam sesuai instruksi dari Pak Presiden,” katanya.

Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi berharap agar Bandara IKN dapat rampung sesuai rencana dan dapat digunakan pada upacara 17 Agustus mendatang.

“Kami juga berharap bandara ini cepat selesai, Juli selesai. Kemudian, ketika perayaan 17 Agustus sudah ada yang bisa mendarat di sini, membawa Bapak (Menhub) juga,” ungkapnya.

Untuk diketahui, progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-19 telah mencakup beberapa aspek, di antaranya: pekerjaan pilecap, kolom, dan instalasi pipa plumbing Terminal VIP, pekerjaan bored pile, pilecap, kolom, dan instalasi pipa plumbing Terminal VVIP, pekerjaan pancang dan erection TC di Gedung ATC, pekerjaan minipile dan pilecap Gedung Peribadatan, pekerjaan minipile di Gedung Bengkel dan lab karantina, serta pekerjaan cut & fill di jalan akses utama, embung, dan jalan perimeter barat.

Adapun rencana pekerjaan pada pekan ke-20, akan dilakukan pekerjaan lanjutan bored pile, pilecap, dan plat lantai area Terminal VVIP,  pekerjaan lanjutan bored pile, pilecap, dan plat lantai di Gedung Terminal VIP, pekerjaan lanjutan fondasi pancang dan pilecap di Gedung ATC, serta pekerjaan lanjutan cut & fill.

Kemudian, untuk mempercepat proses pembangunan Bandara IKN, telah dilakukan penambahan tenaga kerja dari 367 orang menjadi 458 orang pada bulan April. Selain itu, untuk mempermudah akses logistik, jalan akses utama juga diharapkan bisa selesai pada awal Mei 2024 mendatang.

Bandara IKN punya luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 ha dengan konsep desain terminal bandara ini akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dan berorientasi ramah lingkungan.

Dengan runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, Bandara IKN dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement