Selasa 09 Apr 2024 17:50 WIB

'Mudik Lebaran Dorong Perputaran Uang'

Perputaran uang itu diharapkan berdampak signifikan terhadap ekonomi daerah.

Pengunjung melihat produk UMKM yang dipamerkan di Harbour Bay, Batam, Kepulaua Riau, Rabu (30/3/2022).
Foto: ANTARA/Teguh Prihatna
Pengunjung melihat produk UMKM yang dipamerkan di Harbour Bay, Batam, Kepulaua Riau, Rabu (30/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengatakan momen mudik Lebaran sangat bagus untuk mendorong perputaran ekonomi di masyarakat.

"Tahun ini liburnya lebih panjang, semoga tempat-tempat wisata bisa ramai dan perputaran uang semakin kencang di Kepri," kata Ansar di Tanjungpinang, Selasa (9/4/2024).

Baca Juga

Ansar berharap perputaran uang tersebut berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya untuk sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini menjadi momentum pembenahan sektor ekonomi daerah setelah pandemi Covid-19.

Ia menyebut arus mudik Idul Fitri tahun ini diprediksi meningkat dibanding tahun sebelumnya. Sehingga akan memicu peningkatan sektor jasa transportasi, kuliner, hingga tempat-tempat penginapan wisata.

"Pemudik pulang ke kampung halaman akan berbelanja aneka kebutuhan Lebaran, sehingga ikut mendongkrak perekonomian masyarakat setempat," ucap Ansar.

Selain itu Gubernur Ansar menyampaikan sejauh ini arus mudik di Kepri telah berjalan lancar dan kondusif. Meskipun terjadi kepadatan dan penumpukan arus mudik sejak H-4 Idul Fitri, namun masalah tersebut dapat segera diselesaikan dengan adanya penambahan trip pelayaran kapal.

Ia jauh-jauh hari turut mengimbau masyarakat agar mengatur jadwal keberangkatan mudik lebih awal, guna menghindari penumpukan penumpang mendekati Lebaran. "Kemarin sempat terjadi penumpukan, tapi alhamdulillah dapat diselesaikan dengan kebijakan seluruh pemangku kepentingan terkait," ucap Ansar.

Ansar turut mengimbau masyarakat terus mengikuti anjuran pemerintah agar arus mudik dan balik mudik erjalan aman, lancar, dan kondusif. Puncak arus balik mudik diprediksi pada tanggal 13-14 April 2024.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement