Senin 08 Apr 2024 15:24 WIB

HK Ungkap Pengguna Tol di Bengkulu Didominasi Wisatawan

Bagi pengendara yang mengalami mogok di jalan tol, pihaknya menyediakan mobil derek.

Pintu gerbang Tol Bengkulu - Taba Penanjung.
Foto: ANTARA/Anggi Mayasari
Pintu gerbang Tol Bengkulu - Taba Penanjung.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- PT Hutama Karya (HK) Perwakilan Bengkulu menyebutkan, pengguna ruas Tol Bengkulu-Taba Pananjung didominasi oleh wisatawan yang ingin menikmati masa libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

Branch Manager Tol Bengkulu-Taba Penanjung Medya Gustian di Bengkulu, Senin (8/4/2024) menjelaskan, menjelang arus mudik Lebaran 2024 belum terlihat kendaraan dari luar Provinsi Bengkulu yang menggunakan ruas tol tersebut.

Baca Juga

"Pengguna Tol Bengkulu yaitu wisatawan, sebab hingga saat ini belum terlihat lalu lintas kendaraan dari luar kota atau provinsi Bengkulu," ujar dia.

Meskipun demikian, pihaknya memprediksi jumlah pengguna tol di Bengkulu mengalami peningkatan khususnya pada H+3 dan H+4 Idul Fitri 1445 Hijriah. Bahkan diperkirakan mencapai 50 persen jika dibandingkan dengan hari biasanya yaitu 1.100 kendaraan yang menggunakan Tol Bengkulu-Taba Pananjung.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadi kemacetan di gerbang tol akibat pengendara yang kekurangan saldo, pihaknya menyiapkan jalur khusus serta menyiagakan sejumlah petugas untuk melakukan pengisian ulang saldo elektronik.

"Untuk menghindari kemacetan di pintu gerbang tol, maka satu jalur disiapkan khusus untuk pengguna jalan tol yang kekurangan saldo yaitu jalur paling kiri," kata Medya.

Oleh karena itu, ia mengimbau pengendara yang mengalami kekurangan saldo untuk tidak berhenti di jalur tengah atau kanan karena dapat menimbulkan kemacetan.

Bagi pengendara yang mengalami mogok di jalan tol, pihaknya menyediakan mobil derek dengan kapasitas 18 ton dan 25 ton yang akan membawa mobil hingga gerbang terdekat tanpa dikenakan biaya.

Sejak H-7 atau 3 April hingga 5 April 2024 sebanyak 4.183 kendaraan roda empat memanfaatkan ruas Tol Bengkulu-Taba Pananjung.

Medya menyebutkan, pada 3 April sebanyak 1.518 kendaraan melewati Tol Bengkulu-Taba Pananjung namun masih didominasi oleh kendaraan golongan kedua seperti truk batu bara dan lainnya. Kemudian, pada 4 April sebanyak 1.338 kendaraan dan 5 April 2024 yaitu 1.307 kendaraan yang melintas menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement