Ahad 24 Mar 2024 10:00 WIB

Ini Titik Pemberhentian Baru DAMRI Rute Jakarta-Lampung

Saat hari besar, rute menuju Lampung jadi primadona setelah rute Transjawa.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Bus Damri yang melewati Jalan Tol Trans Sumatera jadi sasaran pelemparan batu di Provinsi Lampung.
Foto: Antara/Dedi
Bus Damri yang melewati Jalan Tol Trans Sumatera jadi sasaran pelemparan batu di Provinsi Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — DAMRI memiliki titik pemberhentian baru untuk rute perjalanan Jakarta-Lampung (PP) yang bisa dimanfaatkan penumpang saat momen mudik Lebaran Idul Fitri 2024. 

Corporate Secretary DAMRI Chrystian RM Pohan mengungkapkan, perjalanan menuju Lampung selalu menjadi primadona penumpang setelah rute Transjawa saat perayaan hari besar nasional. 

Baca Juga

Hal ini dibuktikan berdasarkan data penumpang pada angkutan Idul Fitri 1444 H, DAMRI melayani lebih dari 30 ribu orang. "Kemudian, saat angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 DAMRI mencatat hampir melayani 27 ribu penumpang," kata Pohan dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (23/3/2024). 

Arus mudik Lebaran 2024 untuk rute Jakarta-Lampung tercatat lebih dari 14 ribu penumpang berdasarkan data per 22 Maret dan volume penumpang akan terus mengalami penambahan. Pohan menuturkan, tarif layanan akan mengalami penyesuaian menjelang Lebaran.

"Dengan tersedianya titik keberangkatan rute Jakarta-Lampung di Gambir, DAMRI senantiasa berupaya mewujudkan konektivitas antardaerah yang terintegrasi antarmoda dan mudah diakses masyarakat," kata Pohan. 

Dia mengharapkan, DAMRI dapat memperluas aksesibilitas dan konektivitas bagi masyarakat serta memperkuat hubungan ekonomi antarwilayah. Dia menuturkan, terdapat potensi yang besar dalam mengembangkan pasar di Lampung. 

"DAMRI siap untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dengan pilihan transportasi jalan yang nyaman, aman, dan prima," ujar Pohan.

Berikut jadwal operasional DAMRI rute Jakarta-Lampung dengan titik pemberhentian baru: 

1. Gambir-Bandar Jaya

Tersedia keberangkatan dari loket DAMRI Stasiun Gambir setiap hari pukul 21.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 280 ribu.

 

2. Gambir-Pasar Pulung Kencana

Tersedia keberangkatan dari loket DAMRI Stasiun Gambir setiap hari pukul 20.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 310 ribu. 

 

3. Gambir-Kota Bandar Lampung

Tersedia keberangkatan dari loket DAMRI Staaiyn Gambir setiap hari pukul 10.00 WIB, 19.00 WIB, 20.00 WIB, 21.00 WIB, dan 22.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 255 ribu. 

 

4. Bandara Jaya-Gambir 

Tersedia keberangkatan dari Bandar Jaya setiap hari pukul 17.30 WIB.  Tarif yang dikenakan sebesar Rp 280 ribu. 

 

5. Pasar Pulung Kencana-Gambir

Tersedia keberangkatan dari Pasar Pulung Kencana setiap hari pukul 15.00 WIB.  Tarif yang dikenakan sebesar Rp 310 ribu.

 

6. Kota Bumi Lampung-Gambir

Tersedia keberangkatan dari Kota Bumi Lampung setiap hari pukul 16.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 295 ribu. 

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement