Jumat 22 Mar 2024 07:55 WIB

Komitmen AHM Hadirkan Layanan dan Ekosistem Motor Listrik Terbaik bagi Konsumen Indonesia

Elektrifikasi AHM menggandeng rantai bisnis lokal dalam produksi sepeda listrik.

PT Astra Honda Motor (AHM) berkomitmen menghadirkan produk sepeda motor listrik dengan material dan layanan terbaik untuk konsumen Indonesia melalui kehadiran dua unit sepeda motor listrik.
Foto: AHM
PT Astra Honda Motor (AHM) berkomitmen menghadirkan produk sepeda motor listrik dengan material dan layanan terbaik untuk konsumen Indonesia melalui kehadiran dua unit sepeda motor listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Astra Honda Motor (AHM) berkomitmen menghadirkan produk sepeda motor listrik dengan material dan layanan terbaik untuk konsumen Indonesia melalui kehadiran dua unit sepeda motor listrik yaitu Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS sepanjang tahun 2023.

Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS merupakan hasil karya anak bangsa yang di produksi di pabrik PT AHM yang berada di Pegangsaan. Kedua model ini hadir bukan hanya sebagai moda transportasi elektrik tetapi sebagai pilihan bagi konsumen yang menghargai gaya hidup modern, ramah lingkungan, dengan mobilitas yang fleksibel. Memiliki pengalaman manufaktur sepeda motor selama puluhan tahun, AHM memproduksi sepeda motor listrik Honda dengan mengutamakan kualitas terbaik berstandar global yang diharapkan dapat memenuhi ekspektasi konsumen di Indonesia.

Komitmen AHM tidak sebatas menghadirkan produk sepeda motor listrik, tetapi juga melengkapi kehadirannya dengan ekosistem menyeluruh dari segi proses produksi yang berkualitas. Layanan purna jual berdedikasi tinggi dihadirkan melalui dealer Honda e: shop yang akan tersebar dan dibuka secara bertahap hingga lebih dari 1.200 jaringan dealer di seluruh Indonesia, demi memastikan pengalaman berkendara konsumen yang menyenangkan bersama sepeda motor listrik Honda.  

Dalam merawat sepeda motor listrik, AHM menghadirkan jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorizes Service Station (AHASS) EV dengan teknisi khusus Honda EV Specialist (HES) yang handal dalam menangani kebutuhan konsumen. AHASS EV juga dilengkapi beragam fasilitas premium lounge saat service dan beragam kemudahan, di antaranya layanan fast track yang efisien bagi konsumen untuk menghemat waktu, layanan Emergency Road Assistant (ERA) yang merupakan layanan cepat tanggap darurat melalui Honda Care 24 jam, akan segera membantu konsumen apabila kehabisan daya baterai untuk menuju AHASS EV atau titik penukaran baterai terdekat, sehingga semakin mengoptimalkan bagi pengguna kendaraan listrik Honda.

photo
PT Astra Honda Motor (AHM) berkomitmen menghadirkan produk sepeda motor listrik dengan material dan layanan terbaik untuk konsumen Indonesia melalui kehadiran dua unit sepeda motor listrik. - (AHM)

Dari sisi baterai, AHM menghadirkan Honda Mobile Power Pack e: (MPP e:) yang dilengkapi dengan sistem Battery Safety-Lock, membuat baterai ini stabil di tempatnya, memberikan keamanan bagi pengendara. AHM juga menghadirkan pilihan pengisian baterai bagi konsumen. Untuk konsumen dengan jarak tempuh harian yang tidak terlau jauh dapat melakukan pengisian baterai menggunakan Honda Power Pack Charger e:, yang bisa mengisi ulang tenaga baterai dengan mudah dan praktis dimana saja dengan waktu pengisian daya kurang lebih 2,7 jam (160 menit) dari 25% hingga 75 persen. Sedangkan untuk jarak tempuh harian yang lebih jauh, AHM memiliki ekosistem pendukung layanan penukaran baterai atau Honda Mobile Power Pack Exchanger e: dengan berlangganan Honda e: Swap, dimana dalam tahap awal titik penukaran baterai tersedia di area Jakarta. 

Executive Vice President Director AHM Thomas Wijaya mengatakan perusahaan tidak hanya menghadirkan sepeda motor listrik, tetapi juga memberikan pengalaman yang komprehensif untuk konsumen. “Melalui jaringan penjualan dan layanan purna jual terbaik pada dealer Honda e: shop, kami berkomitmen untuk memastikan setiap pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik,” ujar Thomas.

Melalui program elektrifikasi AHM juga menggandeng rantai bisnis lokal dalam produksi sepeda motor listrik, sehingga kandungan komponen lokal mencapai angka di atas 40 persen. Upaya ini sekaligus memenuhi syarat TKDN guna mendapatkan bantuan pemerintah untuk pembelian sepeda motor listrik bagi konsumen.

Komitmen mewujudkan kondisi bumi lebih baik

Dalam upaya mewujudkan netralitas karbon di Indonesia, AHM juga mewujudkannya dalam proses produksi, fasilitas perusahaan, maupun melakukan beragam program Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG).  

Dalam memproduksi sepeda motor Honda, AHM menghadirkan teknologi termutakhir dalam proses produksi yang lebih efisien dan ramah lingkungan dengan menerapkan smart factory, flexible dan green building. Beberapa teknologi yang diterapkan untuk mendukung proses produksi AHM merupakan teknologi otomatisasi terdepan untuk menghasilkan kinerja yang efisien dan menyuguhkan kualitas sepeda motor Honda berkualitas dunia. Pabrik AHM ini juga mengimplementasikan konsep green company yang menerapkan berbagai program Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG).

photo
PT Astra Honda Motor (AHM) berkomitmen menghadirkan produk sepeda motor listrik dengan material dan layanan terbaik untuk konsumen Indonesia melalui kehadiran dua unit sepeda motor listrik. - (AHM)

Upaya pengelolaan energi berkelanjutan diimplementasikan melalui pemasangan sebanyak 18.270 modul panel surya di atap gedung pabrik AHM Karawang, pabrik AHM Cikarang, dan AHM Safety Riding and Training Center Deltamas, Jawa  Barat. Selain itu, AHM menerapkan water recycle di lingkungan perusahaan melalui pembuatan Sewage Treatment Plant (STP) untuk pengelolaan limbah air domestik untuk didaur ulang dan digunakan kembali dalam mendukung aktivitas karyawan dan proses produksi sepeda motor.

AHM juga mulai menerapkan segregasi limbah padat dari hasil aktivitas karyawan ataupun aktivitas produksi. AHM turut mengajak karyawan untuk berkontribusi dalam penggunaan plastik dengan menerapkan larangan penggunaan styrofoam dan kantong plastik. Tak hanya di lingkungan perusahaan, AHM juga mengajak beragam elemen masyarakat untuk melestarikan bumi melalui penanaman lebih dari 200 ribu pohon dan beragam program pengelolaan energi lainnya.

Sepeda motor Honda mulai hadir menemani masyarakat Indonesia sejak 1971. Selama 53 tahun menemani masyarakat Indonesia, sepeda motor Honda telah dipakai oleh lebih dari 75 juta konsumen dalam beraktivitas sehari-hari.

Didukung lebih dari 25 ribu tenaga kerja mumpuni, AHM memasarkan 34 model sepeda motor Honda memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia di berbagai segmen. Saat ini AHM juga didukung lebih dari 770 pemasok komponen sepeda motor Honda secara langsung maupun tidak langsung, 29 main dealer Honda, 1.707 dealer Honda, 3.725 bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan 8.476 toko suku cadang sepeda motor Honda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement