Sabtu 16 Mar 2024 03:44 WIB

Pupuk Indonesia Raih Empat Penghargaan Anugerah BUMN 2024

Penghargaan diharapkan bisa memacu Pupuk Indonesia lebih berprestasi lagi.

PT Pupuk Indonesia (Persero) menyabet empat penghargaan sekaligus pada Anugerah BUMN ke-13 tahun 2024. (ilustrasi)
Foto: pupuk-indonesia.com
PT Pupuk Indonesia (Persero) menyabet empat penghargaan sekaligus pada Anugerah BUMN ke-13 tahun 2024. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Indonesia (Persero) menyabet empat penghargaan sekaligus pada Anugerah BUMN ke-13 tahun 2024, termasuk pencapaian Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi yang dinobatkan sebagai The Best CEO Visionary Leadership.

“Ini sebuah kebanggaan, tidak hanya buat saya pribadi. Tapi juga untuk seluruh keluarga besar Pupuk Indonesia. Apalagi, di ajang ini Pupuk Indonesia Grup, Pupuk Indonesia beserta anak perusahaannya meraih sepuluh penghargaan,” kata Rahmad Pribadi dalam keterangan diterima di Jakarta, Jumat, terkait penghargaan tersebut.

Baca Juga

Adapun penghargaan yang diraih Pupuk Indonesia adalah Transformasi Organisasi Terbaik Pertama, Program Perusahaan Pengembangan UMKM Terbaik Pertama, dan Best Corporate in Producing the Largest N-Based Fertilizer in the World. “Ini bukti bahwa Pupuk Indonesia tidak hanya besar dari skala bisnisnya, tidak hanya besar dari tingkat keuntungannya, tapi Pupuk Indonesia besar dan hebat dalam kinerjanya,” ujar Rahmad.

Rahmad menyampaikan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan BUMN Track selaku penyelenggara Anugerah BUMN. Penghargaan ini, kata Rahmad, menjadi bukti jika Pupuk Indonesia adalah perusahaan yang transformatif, berkomitmen untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat, salah satunya dengan memberikan dukungan kepada UMKM untuk 'go global'.

"Ini sebuah penghargaan yang mudah-mudahan bisa memacu Pupuk Indonesia Grup untuk bisa berprestasi lebih hebat lagi," ujar Rahmad.

Ia menjelaskan bahwa transformasi organisasi yang dijalankan Pupuk Indonesia Grup berawal dari program sentralisasi sejumlah fungsi strategis yang dimulai pada 2020. Selanjutnya pada 2024, Pupuk Indonesia akan kembali memperkuat transformasi tersebut dengan melakukan penataan bisnis di Pupuk Indonesia Grup.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan daya saing dalam rangka mewujudkan visi Pupuk Indonesia sebagai perusahaan nasional berkelas dunia, sebagai pemimpin dalam memberikan solusi pertanian yang berkelanjutan, dan sebagai perusahaan petrokimia terintegrasi di level dunia.

Menurut Rahmad, dalam menjalankan operasional bisnisnya, Pupuk Indonesia sebagai produsen pupuk terbesar di Asia Pasifik, Timur Tengah dan Utara Afrika memberikan perhatian kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia untuk bersaing di pasar global.

Ia mengatakan UMKM merupakan bagian penting dari perekonomian nasional, karena menyumbang hampir 61 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dan mempekerjakan sekitar 97 persen angkatan kerja. Hingga saat ini, Pupuk Indonesia telah melaksanakan pembinaan dan bantuan permodalan bagi 2.221 UMKM di seluruh Indonesia, dengan sebanyak 257 UMKM di antaranya bergerak di sektor industri termasuk industri kreatif.

CEO BUMN Track SH Sutarto menjelaskan, ajang ini memberikan apresiasi bagi kinerja BUMN. Penghargaan diberikan kepada perusahaan dan para CEO, karena keberhasilan dari perusahaan tidak lepas dari kinerja pemimpinnya. "Banyak capaian BUMN yang luar biasa di tengah situasi politik dan ekonomi saat ini. Peraih Anugerah BUMN ini dipastikan dalam performa terbaik. Apresiasi tertinggi untuk para pemenang dan peserta," ujarnya singkat.

BUMN Track didukung PPM Manajemen melalui Anugerah BUMN 2024 memberikan apresiasi kepada para CEO dan perusahaan BUMN yang berkiprah bagi pertumbuhan bisnis berkelanjutan. Anugerah BUMN 2024 yang memasuki tahun ke-13 mengangkat tema “Bisnis Reinvention untuk Optimalisasi Peluang Bisnis di Industry 4.0”.

Kegiatan ini menjadi salah satu indikator kemampuan BUMN dalam membangun tata kelola perusahaan untuk meraih keseimbangan bisnis, dengan tetap mengedepankan tanggung jawab sosial perusahaan.

Selain Pupuk Indonesia, tiga anak perusahaan juga mendapatkan penghargaan di ajang ini. Pupuk Kalimantan Timur meraih tiga penghargaan, yaitu sebagai Best Corporate in Carbonization Initiatives, Pengembangan Talenta dan SDM Unggul Perusahaan Terbaik Pertama, dan Direktur Utama Pupuk Kalimantan Timur, Budi Wahju Soesilo juga dinobatkan sebagai The Best CEO Visionary Leadership.

Kemudian Petrokimia Gresik dan Pupuk Indonesia masing-masing memperoleh dua penghargaan. Petrokimia Gresik mendapatkan penghargaan Transformasi Digital Perusahaan Terbaik Pertama dan Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo juga dinobatkan sebagai Best CEO in Developing Project Smart Precision Farming.

Sedangkan Pupuk Kujang menjadi perusahaan dengan Tata Kelola Perusahaan (GCG) Terbaik Pertama dan Direktur Utama Pupuk Kujang Maryono menjadi Best CEO in Utilization of Technology in Product Research.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement