Jumat 15 Mar 2024 20:32 WIB

Mengenal Simbol di Tuas Persneling Mobil Matic, Apa Saja Fungsinya?

Simbol yang ada di mobil matic berbeda dengan mobil manual.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Persneling mobil transmisi otomatis.
Foto:

Low (L)

Mobil matic yang lebih modern biasanya memiliki simbol L, selain PRND. Mode Low digunakan untuk membuat mobil tetap melaju dengan gigi terendah, seperti dilansir AutoDeal.

2

Mode 2 berfungsi untuk membuat mobil melaju dengan dua gigi pertama. Mode ini dapat memaksimalkan revolutions per minute (RPM) atau jumlah putaran mesin mobil per satu menit pada setiap gigi. Pada beberapa model, mode 2 akan mengunci mobil pada posisi gigi 2.

Gigi tersebut baru akan naik bila laju mobil sudah mencapai rentang RPM tertentu untuk mencegah kerusakan mesin. Mode ini biasanya berguna saat mobil sedang menanjak atau menuruni jalanan yang curam.

3 atau D3

Mode D3 atau terkadang hanya bernama 3 memungkinkan mobil matic untuk menggunakan tiga gigi pertama. Namun pada beberapa model mobil, mode 3 akan mengunci mobil di gigi 3 saja. Seperti pada mode L dan 2, pada mode 3, gigi mobil akan naik ketika RPM maksimal telah tercapai saat mobil matic melaju.

Sport (S)

 

Mobil matic yang lebih moderen juga biasanya memiliki simbol S pada tuas persneling. Mode ini berfungsi untuk mengoptimalkan performa kecepatan mobil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement