Jumat 15 Mar 2024 12:40 WIB

Mau Tukar Uang Baru untuk Lebaran? Ini Jadwal dan Lokasi Layanan BI di Jabodebek-Karawang

BI menyiapkan uang layak edar sebesar Rp 197,6 triliun untuk keperluan Lebaran.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P Joewono meresmikan dan Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim meresmikan kick-off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024, Jumat (15/3/2024).
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P Joewono meresmikan dan Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim meresmikan kick-off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024, Jumat (15/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia mempersiapkan uang layak edar sebesar Rp 197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran rupiah pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 2024. Jumlah uang layak edar tersebut meningkat 4,65 persen dibandingkan realisasi 2023 yang tercatat sebesar Rp 188,8 triliun. 

"Bagi masyarakat yang ingin menukar dapat membuka layanan di aplikasi Pintar untuk mengetahui di mana dan kapan penukaran tersebut. Termasuk yang go show akan kami layani selama ketersediaan masih tersedia," kata Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim di Gedung BI, Jumat (15/3/2024). 

Baca Juga

Marlison menuturkan, BI juga akan membuka layanan secara mandiri secara reguler di tempat keramaian seperti pasar dan di tempat lainnya. BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang rupiah melalui layanan Kas Keliling di lokasi-lokasi strategis seperti pasar tradisional dan moderen dan Kas Keliling Susur Sungai di beberapa wilayah. 

Deputi Gubernur BI Doni P Joewono menuturkan pada tahun ini terdapat penguatan program. Beberapa yakni penambahan jumlah paket penukaran menjadi maksimal Rp 4 juta, modernisasi armada kas keliling, penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada Aplikasi Pintar untuk semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran. 

Berikut jadwal layanan kas keliling BI di wilayah Jabodebek.

  • 18 Maret 2024: Pasar Senen, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Koja, KasKel Kepulauan Seribu
  • 19 Maret 2024: Pasar Palmerah, Pasar Tebet Barat, Pasar Kramat Jati, Pasar Kopro, KasKel Kepulauan Seribu
  • 20 Maret 2024: Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Koja, Pasar Slipi, KasKel Kepulauan Seribu
  • 21 Maret 2024: Pasar Senen, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Koja, KasKel Kepulauan Seribu
  • 22 Maret 2024: Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Koja, Pasar Slipi
  • 25 Maret 2024: Pasar Senen, Pasar Tebet Barat, Pasar Kramat Jati, Pasar Kopro
  • 26 Maret 2024: KasKel Karawang
  • 28 Maret-31 Maret 2024: KasKel Terpadu Istora Senayan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement