Rabu 06 Mar 2024 15:30 WIB

Unik, Kopling di Mobil Formula 1 Ternyata tidak Dioperasikan Melalui Pedal

Kopling pada mobil balap Formula 1 terletak di antara mesin dan gearbox.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Mobil balap Formula 1. Seperti mobil manual, mobil balap Formula 1 juga dilengkapi dengan kopling. Akan tetapi, kopling pada mobil balap Formula 1 tidak dioperasikan melalui pedal.
Foto:

Situasi ini mirip seperti pengendara mobil manual yang harus menggunakan kopling saat berhenti di lampu merah dan melepaskannya ketika lampu hijau menyala.

Pit Stop

Kopling juga perlu digunakan ketika pembalap menuju area pit stop. Namun saat berhenti di area pit stop, pembalap harus melepaskan kopling agar mesin tidak mati sebelum roda berhenti berputar. Setelah berdiam sejenak di pit stop, pembalap perlu kembali mengaktifkan kopling dan melaju keluar dari pit stop dengan cepat. Hal serupa juga perlu dilakukan oleh pembalap ketika mereka terkena penalti stop-and-go.

Pindah Gigi

Mobil balap Formula 1 perlu menggunakan kopling untuk berpindah gigi. Akan tetapi, tak seperti pada mobil manual, mobil balap Formula 1 tidak memiliki pedal kopling.

 

Pembalap juga tidak perlu mengoperasikan kopling secara manual setiap kali berpindah gigi. Yang perlu dilakukan oleh pembalap hanyalah memilih gigi yang diinginkan dengan sebuah paddle yang berada di balik setir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement