Rabu 06 Mar 2024 15:30 WIB

Unik, Kopling di Mobil Formula 1 Ternyata tidak Dioperasikan Melalui Pedal

Kopling pada mobil balap Formula 1 terletak di antara mesin dan gearbox.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Mobil balap Formula 1. Seperti mobil manual, mobil balap Formula 1 juga dilengkapi dengan kopling. Akan tetapi, kopling pada mobil balap Formula 1 tidak dioperasikan melalui pedal.
Foto: APAP Photo/Eric Gay
Mobil balap Formula 1. Seperti mobil manual, mobil balap Formula 1 juga dilengkapi dengan kopling. Akan tetapi, kopling pada mobil balap Formula 1 tidak dioperasikan melalui pedal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti mobil manual, mobil balap Formula 1 juga dilengkapi dengan kopling. Akan tetapi, kopling pada mobil balap Formula 1 tidak dioperasikan melalui pedal.

Secara umum, mobil balap Formula 1 memiliki transmisi semiotomatis. Karena tidak memiliki transmisi otomatis penuh, mobil balap Formula 1 masih membutuhkan kopling.

Baca Juga

Kopling pada mobil balap Formula 1 terletak di antara mesin dan gearbox. Mesin berfungsi untuk menghasilkan daya dan gearbox berperan untuk mentransmisikan daya tersebut melalui sejumlah roda gigi.

Kopling yang berada di antara mesin dan gearbox bekerja sebagai sambungan di antara keduanya. Ketika kopling digunakan, daya yang dihasilkan oleh mesin bisa langsung terhubung dengan gearbox. Namun ketika kopling tidak digunakan, mesin tak lagi terhubung dengan gearbox.

Berbeda dengan kopling di mobil manual biasa, pembalap tidak harus menggunakan kopling setiap kali berpindah gigi. Kopling hanya digunakan oleh pembalap dalam situasi tertentu saja. Terkadang, kopling juga bisa aktif secara otomatis tanpa dikontrol oleh pembalap.

Berikut ini adalah tiga situasi di mana penggunaan kopling pada mobil balap Formula 1 diperlukan, seperti dilansir OverSteer48, pada Rabu (6/3/2024).

Awal Balapan

Sebelum balapan dimulai, pembalap harus meningkatkan putaran mesin hingga ke titik optimal. Ketika aba-aba untuk melaju diberikan, para pembalap harus segera mengaktifkan kopling untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda dan memulai balapan secepat mungkin.

Situasi ini mirip seperti....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement