Senin 04 Mar 2024 13:19 WIB

Jelang Ramadhan, Jokowi Pastikan Stok Beras Nasional Cukup

Pemerintah, kata dia, telah melakukan langkah antisipasi untuk mengamankan pasokan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ahmad Fikri Noor
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi (kanan) meninjau persedian beras, beberapa waktu lalu.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi (kanan) meninjau persedian beras, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan, ketersedian bahan pokok menjelang Ramadan, khususnya beras masih mencukupi. Pemerintah, kata dia, telah melakukan langkah antisipasi untuk mengamankan pasokan bahan pangan.

"Ini mau lebaran sehingga persiapan-persiapan mengenai ketersediaan, utamanya bahan pokok itu menjadi sangat penting. Untuk beras saya kira stoknya tidak ada masalah, dan bahan-bahan lainnya nanti secara detail saya lihat di lapangan," ujar Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/3/2024).

Baca Juga

Jokowi menyebut, harga beras di beberapa pasar, khususnya di pasar-pasar utama seperti Pasar Induk Cipinang dan Pasar Johar di Karawang, sudah mengalami penurunan. Meskipun begitu, ia mengakui kondisi harga beras di pasar tersebut tidak merepresentasikan harga di berbagai daerah lainnya di Tanah Air.

Presiden pun berharap panen raya yang akan segera tiba bisa menurunkan harga beras lebih rendah lagi.

“Kita harapkan karena panen raya segera mungkin dalam satu bulan ke depan akan terjadi, saya kira harga itu akan turun banyak,” kata dia.

Meskipun harga gabah di lapangan dilaporkan telah mengalami penurunan, Jokowi menekankan pentingnya penurunan harga yang tidak terlalu drastis. Dengan demikian, para petani tetap mendapat ruang keuntungan yang adil.

"Gabah juga saya mendapat informasi di lapangan sudah turun, tetapi turunnya jangan drastis, karena petani juga perlu diberikan ruang keuntungan," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement