Kamis 29 Feb 2024 16:12 WIB

Airlangga Gelar Simulasi Makan Siang Gratis di Tangerang

Simulasi tersebut pun melibatkan empat kelas SMP.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ahmad Fikri Noor
Sejumlah siswa menunjukkan makanan gratis saat simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin
Sejumlah siswa menunjukkan makanan gratis saat simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar simulasi makan siang gratis hari ini, Kamis (29/2/2024). Simulasi itu dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Tangerang.

Seperti diketahui, makan siang gratis merupakan yang diusung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Simulasi tersebut pun melibatkan empat kelas SMP.

Baca Juga

Airlangga mengaku senang dapat mengadakan simulasi program tersebut. Dia menjelaskan, Tangerang dipilih menjadi lokasi simulasi atau pilot project program makan siang gratis, karena dinilai mempunyai sekolah dengan tingkat tipologi nasional.

"Saya berharap di Kabupaten Tangerang ini punya sekolah tiga tipologi nasional, perkotaan, perdesaan, dan pesisir. Maka ideal menjadi piloting, percobaan," ujarnya kepada wartawan di Tangerang, Kamis (29/2/2024).

 

Dirinya sempat mengatakan, program itu sudah mulai disiapkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025. Anggaran untuk program makan siang gratis, ditetapkan sebanyak Rp 15 ribu per anak di luar susu.

Disebutkan, semua menu dihargai Rp 15 ribu per porsi dan diklaim sudah memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran, dan buah. Adapun empat menu yang disajikan dalam simulasi hari ini meliputi nasi ayam, nasi semur telur, gado-gado, dan siomay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement