Jumat 23 Feb 2024 13:44 WIB

Terapkan Prinsip ESG, Jamkrindo Gandeng Plasticpay dan Republika Luncurkan Trash4Cash

Jamkrindo bersama Plasticpay dan Republika tekan sampah plastik melalui 'Trash4Cash'.

Pegawai Jamkrindo mencoba mesin penukaran sampah botol plastik saat peluncuran program Trash4Cash di Gedung Jamkrindo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/2/2024). Sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan keterlibatan pegawai dalam penerapan prinsip-prinsip ESG, Jamkrindo berkolaborasi dengan Republika dan Plastic Pay  meluncurkan program Trash4Cash. Peluncuran tersebut dilakukan bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2024.
Foto: Republika/Prayogi
Pegawai Jamkrindo mencoba mesin penukaran sampah botol plastik saat peluncuran program Trash4Cash di Gedung Jamkrindo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/2/2024). Sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan keterlibatan pegawai dalam penerapan prinsip-prinsip ESG, Jamkrindo berkolaborasi dengan Republika dan Plastic Pay meluncurkan program Trash4Cash. Peluncuran tersebut dilakukan bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Environmental, Social, and Governance (ESG) membantu perusahaan untuk lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan. Dengan mengadopsi praktik bisnis yang ramah lingkungan, seperti pengurangan emisi karbon, pengelolaan limbah yang lebih baik dan konservasi sumber daya alam, perusahaan dapat membantu melindungi lingkungan alam dan ekosistem yang ada.

Terkait dengan prinsip ESG, PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) berkomitmen mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan bagi perusahaan dengan memperhatikan faktor-faktor lingkungan, sosial dan tata kelola yang baik. Dengan demikian, perusahaan dapat meminimalkan risiko, meningkatkan efisiensi operasional, dan membangun reputasi yang kuat.

Baca Juga

Penerapan ESG bagi Jamkrindo, bukan hanya tentang memenuhi kewajiban perundang-undangan atau tuntutan pasar, tetapi juga merupakan strategi bisnis yang cerdas untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan, membangun kepercayaan, dan menciptakan nilai jangka panjang bagi semua pemangku kepentingan perusahaan.

Direktur Utama Jamkrindo Akhmad Purwakajaya mengatakan, sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan keterlibatan pegawai dalam penerapan prinsip-prinsip ESG, Jamkrindo berkolaborasi dengan Republika dan Plasticpay untuk meluncurkan program 'Trash4Cash'. Peluncuran tersebut dilakukan bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2024. 

 

Melalui program tersebut setiap insan Jamkrindo dapat berkontribusi dalam pengolahan botol plastik serta mendapatkan insentif yang dapat dikonversi berupa uang dengan konsep penggunaan mesin penukaran sampah botol plastik menjadi poin secara otomatis atau Reverse Vending Machine (RVM).

“Kolaborasi ini merupakan langkah baik dalam meningkatkan keterlibatan pegawai Jamkrindo dalam penerapan prinsip ESG khususnya dukungan atas inisiasi green office dan net zero emission. Melalui mesin RVM yang terintegrasi dengan perangkat handphone dan E-wallet kami optimis program ini akan membawa antusiasme yang tinggi,” ujar Akhmad, dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (23/2/2024). 

Selama masa pilot project yang dimulai dari 2-16 Februari 2024, program Trash4Cash terbukti mampu memperoleh antusiasme yang tinggi. Sebanyak 29,99 kilogram atau 1.604 unit botol telah berhasil ditukarkan dan telah mengurangi jejak karbon sebesar 110.676 gram.

"Harapannya program ini bukan hanya sekedar memberikan antusias insan Jamkrindo untuk mengumpulkan poin saja, namun memiliki dampak yang lebih berarti yaitu menumbuhkan kebiasaan dalam penggunaan sampah plastik dengan bijak di kehidupan sehari-hari sehingga hal kecil yang dilakukan berdampak besar untuk lingkungan yang lebih baik," ujar Akhmad. 

Selain mendorong keterlibatan aktif segenap karyawan untuk berkontribusi dalam penerapan prinsip ESG, Jamkrindo juga telah melakukan pemetaan pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN dengan pencapaian 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Indonesia. Dalam hal ini, Perusahaan menyusun prioritas TPB/SDGs yang dijalankan dengan berbagai program-program strategis. 

“Kegiatan Trash4Cash ini merupakan dukungan kami terhadap pencapaian TPB di pilar lingkungan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement