Rabu 21 Feb 2024 13:21 WIB

Bapanas: Input Produksi Faktor Strategis Produktivitas Pertanian

Hal ini menjadi landasan utama dalam mencapai ketahanan pangan nasional.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.
Foto: dok istimewa
Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyebut bahwa input produksi merupakan faktor strategis, yang mendukung peningkatan produktivitas pertanian di Indonesia. Hal ini menjadi landasan utama dalam mencapai ketahanan pangan nasional yang berkelanjutan.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi di Jakarta, Rabu (21/2/2024), mengatakan, input produksi seperti pupuk, benih, obat-obatan, kualitas lahan, pengairan, tenaga kerja, alat mesin pertanian, hingga dukungan penyuluhan memiliki peran yang sangat terkait dengan tingkat produksi yang diharapkan.

Baca Juga

Ia menekan hal itu dalam Seminar Nasional Hasil Riset "Penguatan Faktor Input Pertanian dan Reformasi Tata Niaga Pupuk untuk Ketahanan Pangan dan Keberlanjutan Usaha Pertanian" yang diselenggarakan oleh Nagara Institute. Arief memaparkan, salah satu kunci utama bagi peningkatan produksi pangan antara lain detail target produktivitas pertanian, pemanfaatan asuransi pertanian, detail 26 ribu toko pupuk, dan pelaksanaan di lapangan oleh pemerintah daerah.

"Lalu pemberian reward bagi kepala daerah, penerapan penanggung jawab wilayah dan gerakan penyuluh pertanian, hingga optimalisasi peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)," ujar Arief.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement