Jumat 16 Feb 2024 11:14 WIB

Tesla Luncurkan Setir Model Yoke Baru dengan Klakson Biasa

Penambahan klakson biasa pada roda kemudi yoke merupakan langkah signifikan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Model setir yoke Tesla.
Foto: Teslarati
Model setir yoke Tesla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tesla, pioner dalam industri kendaraan listrik, telah lama dikenal karena pendekatan inovatifnya terhadap desain otomotif. Namun, pengenalan roda kemudi yoke pada Model S dan Model X oleh perusahaan telah menimbulkan kontroversi, terutama mengenai kurangnya tombol klakson tradisional. 

Dilansir Gizchina, Jumat (16/2/2024), setelah bertahun-tahun berdebat dan mendapat masukan dari pelanggan, Tesla akhirnya mengumumkan peluncuran versi baru roda kemudi yoke, yang kini menampilkan klakson airbag biasa. 

Baca Juga

Keputusan Tesla untuk menyertakan klakson biasa di roda kemudi yoke baru merupakan konsesi yang signifikan terhadap masukan pelanggan. Tombol klakson yang peka terhadap sentuhan, yang diperkenalkan pada Model S dan Model X yang diperbarui, sulit ditemukan dalam keadaan darurat dan dianggap tidak nyaman serta berpotensi berbahaya. 

CEO Tesla, Elon Musk, dengan terkenal mencicit, “hampir semua masukan adalah kesalahan,” tetapi tampaknya dalam kasus ini, perusahaan telah memutuskan untuk mendengarkan para pelanggannya. 

 

Roda kemudi yoke baru dilengkapi tombol klakson fisik yang terletak di tengah kemudi. Di sinilah biasanya airbag ditemukan. Desain ini memungkinkan pengemudi membunyikan klakson hanya dengan mencondongkan tubuh ke arah airbag. Ini adalah metode yang lebih intuitif dan alami dibandingkan dengan tombol sensitif sentuhan sebelumnya. 

Selain tombol klakson baru, Tesla juga meningkatkan membangun kualitas roda kemudi yoke. Perusahaan telah mengatasi kekhawatiran-kekhawatiran pelanggan tentang daya tahan dan kenyamanan yoke tersebut. Hal ini terutama mengatasi masalah-masalah pada kecepatan rendah dan ketika bermanuver di ruang-ruang sempit. 

Penambahan klakson biasa pada roda kemudi yoke merupakan langkah signifikan dalam membuat desain lebih ramah pengguna dan praktis. Namun, masih harus dilihat apakah Tesla akan terus mengembangkan roda kemudi yoke. 

Gizchina tidak tahu apakah perusahaan pada akhirnya akan kembali ke desain roda kemudi bundar yang lebih tradisional. Perusahaan telah mengerjakan kemudi progresif, yang memungkinkan kurva kemudi nonlinier. Namun, fitur ini masih beberapa tahun lagi. 

Tesla sebelumnya menggunakan tombol-tombol sentuh bertekanan di roda kemudi untuk mengalihkan beberapa fungsi utama. Ini termasuk fungsi seperti lampu sein dan klakson. Sebelumnya penggunaan tombol sentuh bertekanan di roda kemudi ini karena kurangnya joystick. 

Namun @dkrasiny mengetahui bahwa Tesla sudah mulai menyediakan setir Yoke versi baru. Versi baru ini hadir dengan Model S dan Model X. Perubahan terbesar mungkin adalah penambahan tombol klakson fisik baru. Selain itu, kualitas manufaktur secara keseluruhan telah ditingkatkan. 

Model S yang sebelumnya dihadirkan oleh Tesla mengadopsi desain shift-lever-less. Semua kontrol yang diperlukan selama berkendara dapat diselesaikan melalui roda kemudi Yoke. Namun, sangat berbeda dengan mode joystick pada setir konvensional. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement