Rabu 14 Feb 2024 16:29 WIB

Ini Harapan Menteri PUPR untuk Pemimpin Baru Indonesia

Untuk mencapai kehidupan yang layak bagi masyarakat dibutuhkan air dan sanitasi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputr
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap pemimpin Indonesia yang baru nanti dapat meningkatkan infrastruktur air, sanitasi, dan konektivitas bagi masyarakat.

"Untuk hidup layak itu harus ada air dan sanitasi, tapi untuk makmur itu konektivitas. saya kira dua hal tersebut," kata Basuki di TPS 161 Kemang Pratama Bekasi, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024).

Baca Juga

Dia mempelajari negara-negara maju bahwa untuk mencapai kehidupan yang layak bagi masyarakat dibutuhkan air dan sanitasi. Contohnya, negara seperti Portugal sudah memberikan layanan air minum kepada 99 persen penduduknya.

"Jadi kalau untuk layak itu air dan sanitasi. kalau di Indonesia air dan sanitasi untuk (mengatasi) stunting. Sedangkan untuk mencapai kemakmuran rakyat maka dibutuhkan konektivitas," kata Basuki.

 

Menteri PUPR bersama keluarga memberikan suaranya di TPS 161 Kemang Pratama Bekasi. Basuki menyambangi TPS 161 pada pukul 12.06. Di TPS, Basuki menyapa dan beramah tamah dengan para warga yang ikut memberikan suaranya pada Pemilu 2024.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Sebagaimana Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement