Selasa 06 Feb 2024 19:53 WIB

KemenkopUKM Kembali Adakan Pendampingan Bisnis Bagi Wirausahawan

Kegiatan ini untuk membantu para wirausahawan dalam memajukan usaha mereka.

Logo Kementerian Koperasi dan UKM
Foto: Twitter Kemenkop UKM
Logo Kementerian Koperasi dan UKM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koperasi dan UKM kembali menyelenggarakan program pendampingan bisnis bagi para wirausaha di Indonesia melalui Entrepreneur Development (Entredev) 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para wirausahawan dalam memajukan usaha dan meningkatkan omzet usaha mereka.

Deputi Bidang Kewirausahaan KemenkopUKM Siti Azizah di Jakarta, Selasa (6/2/2024) mengatakan bahwa Entredev tahun ini diperuntukkan untuk para wirausaha muda yang sudah mapan.

Baca Juga

"Harapannya selama 3-4 tahun ke depan, kami bisa melihat hasilnya. Karena 3-4 tahun (berbisnis) biasanya mereka mengalami tantangan luar biasa. Kami bisa bantu mereka, supaya mereka tidak mati, tetapi bangun kembali," kata Siti.

Siti menyatakan, program Entredev merupakan poin penting karena merupakan titik awal bagi para wirausaha yang ingin mengembangkan usahanya dengan serius. Entredev adalah salah satu program Kementerian Koperasi dan UKM dalam mengimplementasikan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional untuk mempercepat pencapaian target rasio kewirausahaan nasional 3,95 persen pada 2024.

Program Entredev 2024 akan memfasilitasi konsultasi bisnis dan pendampingan usaha bagi para wirausaha di sektor kesehatan, kebugaran, dan kecantikan; teknologi; dan agrikultur.

Siti menargetkan sebanyak 2.300 wirausaha dapat lolos dan berpartisipasi dalam program tersebut. Pendaftaran dibuka bagi peserta berusia 18-39 tahun yang memiliki usaha yang sudah berjalan minimal dua tahun, dan diprioritaskan memiliki omzet minimal Rp 300 juta per tahun.

Siti menyebut berdasarkan hasil evaluasi Entredev 2023, program konsultasi dan pendampingan bisnis ini telah memberikan dampak positif khususnya bagi para peserta program. Menurut dia, sebanyak 97 persen dari total 2.300 peserta Entredev 2023 menilai program ini membantu memajukan usaha mereka dengan perbaikan model bisnis, seperti segmentasi pasar yang dituju dan peningkatan omzet per bulan sekitar 30 hingga 40 persen.

Selain itu, program berkelanjutan Entredev 2023 telah memberikan peluang bagi para wirausaha untuk mengembangkan jaringan, menemukan mitra bisnis, dan meningkatkan usahanya. 34 persen peserta Entredev 2023 telah berkolaborasi dengan mitra stakeholder.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement