Rabu 03 Jan 2024 17:51 WIB

Tips Mengemudi Aman Saat Hujan Deras Agar Terhindar dari Kecelakaan

Hindari genangan air untuk meminimalisasi risiko kecelakaan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Pengendara motor dan mobil melintasi genangan air yang merendam jalan raya Serpong. Ini tips berkendara menghindari kecelakaan saat hujan.
Foto:

Jangan Meningkatkan Kecepatan di Banjir

Jika berkendara melewati genangan air, lakukan dengan perlahan. Tekan perlahan kopling dan tambahkan tekanan lembut pada pedal gas untuk mencegah air masuk ke pipa knalpot. Uji rem setelah melewati banjir untuk memastikan rem kering dan berfungsi dengan baik.

Kepala Standar Mengemudi dan Berkendara dari IAM RoadSmart, Richard Gladman menekankan pentingnya berlatih dengan baik dalam mengemudi saat hujan. “Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik, termasuk kondisi karet (ban dan wiper) agar tetap aman,” kata Gladman.

Gladman juga mengingatkan pengemudi untuk waspada terhadap genangan air dan banjir yang semakin sering terjadi, serta menyarankan untuk mencari rute alternatif jika diperlukan. Dalam situasi banjir, pengemudi disarankan untuk bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan penting, seperti apakah bisa menemukan rute alternatif, apa penyebab banjir, apakah kendaraan lain dapat melewatinya, dan apakah air mengalir deras. Keputusan bijak dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan dan menjaga keselamatan semua pengguna jalan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement