Rabu 03 Jan 2024 17:51 WIB

Tips Mengemudi Aman Saat Hujan Deras Agar Terhindar dari Kecelakaan

Hindari genangan air untuk meminimalisasi risiko kecelakaan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Pengendara motor dan mobil melintasi genangan air yang merendam jalan raya Serpong. Ini tips berkendara menghindari kecelakaan saat hujan.
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Pengendara motor dan mobil melintasi genangan air yang merendam jalan raya Serpong. Ini tips berkendara menghindari kecelakaan saat hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan deras yang sering terjadi membawa tantangan serius bagi para pengemudi, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan di jalan. Dalam cuaca basah, jarak pengereman memanjang karena cengkeraman ban kendaraan berkurang, yang membutuhkan kewaspadaan ekstra dari pengemudi.

Menurut Highway Code di Inggris, aturan "dua detik" untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan tidak cukup. Di jalan basah, direkomendasikan untuk memberi jarak setidaknya dua kali jarak pengereman yang biasa digunakan.

Baca Juga

Dilansir Motoring Research pada Rabu (3/1/2024), berikut adalah beberapa tips penting saat berkendara di bawah hujan deras.

Responsif terhadap Aquaplaning

Saat ban kehilangan cengkeramannya karena air, kendaraan bisa kehilangan responsivitas. Kurangi kecepatan secara bertahap dan hindari pedal gas, sambil mempertahankan kendali pada kemudi. Cengkeraman akan kembali normal saat air tidak lagi mengganggu ban.

Perhatikan Visibilitas

Hujan deras dan cipratan air dari kendaraan lain bisa mengurangi visibilitas. Pastikan lampu depan dinyalakan untuk meningkatkan visibilitas, terutama jika lampu otomatis tidak berfungsi dengan baik.

Hati-Hati dengan Solar dan Permukaan Licin

Tumpahan solar dapat membuat permukaan jalan licin. Setelah periode cuaca kering, permukaan ini menjadi sangat berbahaya, sehingga berhati-hatilah saat melewatinya, terutama di sekitar pejalan kaki, pengendara sepeda, pengendara sepeda motor, dan penunggang kuda.

Hindari Genangan Air

Genangan air dan banjir semakin sering terjadi. Jika memungkinkan, hindari berkendara melalui genangan air. Jika ragu mengenai kedalaman atau permukaan di bawah banjir, sebaiknya jangan ambil risiko.

Jika berkendara melewati genangan....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement