Kamis 28 Dec 2023 15:53 WIB

Kendaraan Listrik Pertama dengan Baterai Sodium-Ion akan Diluncurkan pada Januari

JAC Motors meluncurkan kendaraan listrik Yiwei.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Produsen mobil Cina yang didukung Volkswagen, JAC Motors akan meluncurkan kendaraan listrik (EV) produksi massal pertama dengan baterai sodium-ion melalui merek baru Yiwei.
Foto: Newsfcar
Produsen mobil Cina yang didukung Volkswagen, JAC Motors akan meluncurkan kendaraan listrik (EV) produksi massal pertama dengan baterai sodium-ion melalui merek baru Yiwei.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen mobil Cina yang didukung Volkswagen, JAC Motors akan meluncurkan kendaraan listrik (EV) produksi massal pertama dengan baterai sodium-ion melalui merek baru Yiwei. Meskipun teknologi baterai sodium-ion memiliki kepadatan yang lebih rendah (dan kurang matang) dibandingkan baterai lithium-ion, biayanya yang lebih rendah, pasokan-pasokan yang lebih melimpah, dan kinerja cuaca dingin yang unggul dapat membantu mempercepat adopsi kendaraan listrik secara massal. 

Dilansir Engadget, Kamis (28/12/2023), CarNewsChina melaporkan bahwa pengiriman hatchback JAC Yiwei EV akan dimulai pada bulan Januari. 

Baca Juga

Yiwei adalah merek baru pada tahun 2023 untuk JAC. Volkswagen memiliki 75 persen saham (dan kendali manajemen atas) JAC dan memiliki 50 persen perusahaan induk JAC, Anhui Jianghuai Automobile Group Holdings (JAG). Pemerintah Cina memiliki separuh saham JAG lainnya, menjadikannya salah satu pasangan asing di industri otomotif.

Yiwei EV tampaknya merupakan versi baru dari hatchback Sehol E10X, yang diumumkan awal tahun ini. CarNewsChina menggambarkan model Sehol memiliki jangkaan 252 km dengan kapasitas 25 kWh, kepadatan energi 120Wh/kg, pengisian daya 3C hingga 4C, dan sel HiNa NaCR32140. 

Ketika JAC mengungkapkan jenama Yiwei pada bulan Mei, mereka mengatakan akan menghapus label Sehol dan mengubah merek semua kendaraannya menjadi JAC atau Yiwei, yang membawa kita pada pengungkapan EV pekan ini. JAC belum mengatakan apakah model bermerek Yiwei akan tetap menggunakan julukan E10X. 

Pada bulan April, JAC memamerkan EV terpisah yang disebut Yiwei 3 di Shanghai Auto Show. Model tersebut diluncurkan pada bulan Juni dengan baterai lithium LFP, menjanjikan varian sodium-ion akan diluncurkan nanti. 

Yiwei EV baru kabarnya menggunakan sel sodium-ion berbentuk silinder dari baterai HiNA. JAC merakit baterai dalam struktur sarang lebah modular Unitized Encapsulation (UE), mirip dengan cell-to-pack (CTP) CATL dan Blade BYD. Tata letaknya dapat memberikan stabilitas dan kinerja yang lebih baik. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement