Rabu 27 Dec 2023 00:44 WIB

Dapatkah Mobil Listrik Berfungsi Memasok Daya untuk Sistem Pendingin Ruangan?

Nissan dan Daikin berencana untuk memperkenalkannya di fasilitas umum.

Kendaraan listrik memasok listrik untuk AC di pabrik di Kitakata, Prefektur Fukushima, Jepang.
Foto: japannews.yomiuri.co.jp
Kendaraan listrik memasok listrik untuk AC di pabrik di Kitakata, Prefektur Fukushima, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID,Nissan Motor Co dan Daikin Industries Ltd, produsen utama AC, telah mulai menguji coba penggunaan kendaraan listrik untuk menggerakkan sistem pemanas dan pendingin di pabrik. 

Karena tingginya harga kendaraan listrik menghambat adopsi kendaraan, perusahaan otomotif dan perusahaan AC Jepang terebut inin meningkatkan permintaan kendaraan listrik dengan menunjukkan bahwa kendaraan tersebut dapat digunakan untuk memangkas biaya listrik sebuah bangunan seperti pabrik.

Baca Juga

Pengujian sedang berlangsung di Matsumoto Precision, produsen suku cadang mesin presisi di Kitakata, Prefektur Fukushima, Jepang. Sebuah sistem yang dikembangkan oleh Daikin, dipasangkan dengan sistem pengisian daya kendaraan listrik Nissan, dirancang untuk memasok daya dari empat kendaraan listrik ke pabrik selama jam sibuk penggunaan energi untuk pemanasan atau pendinginan ruangan.

Panel surya di pabrik juga menyediakan listrik, memastikan baterai kendaraan listrik tidak habis seluruhnya, sehingga mobil dapat digunakan kapan saja. Nissan dan Daikin sedang mengkaji sistem ini dan berencana untuk memperkenalkannya di fasilitas umum dan lokasi lainnya.

sumber : japannews.yomiuri.co.jp
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement