Kamis 21 Dec 2023 15:10 WIB

Suzuki Imbau Pelanggan Pakai Suku Cadang Asli Prioritaskan Keselamatan

Suku cadang sangat signifikan dalam menentukan performa dan umur pakai kendaraan.

Mobil Suzuki. Suzuki mengimbau kepada setiap pelanggan untuk menggunakan suku cadang asli dalam upaya memprioritaskan keselamatan.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
Mobil Suzuki. Suzuki mengimbau kepada setiap pelanggan untuk menggunakan suku cadang asli dalam upaya memprioritaskan keselamatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suzuki mengimbau kepada setiap pelanggan untuk menggunakan suku cadang asli dalam upaya memprioritaskan keselamatan baik untuk pengendara maupun penumpang serta mengoptimalkan daya tahan kendaraan agar perjalanan tidak terkendala. Kepala Departemen Suku Cadang PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) Christiana Yuwantie dalam rilis pers mengatakan seiring dengan perkembangan teknologi, sangat mudah untuk mengembangkan suku cadang tiruan dengan kualitas dan harga yang berbeda di pasaran.

Sebagai produsen kendaraan bermotor yang peduli dengan keberlangsungan penggunaan kendaraan di tangan konsumen, Suzuki menganjurkan agar para pelanggan menggunakan suku cadang asli yang dapat dibeli langsung melalui jaringan dealer resmi atau aplikasi MySuzuki.

Baca Juga

"Perlu diketahui bahwa suku cadang sangat signifikan dalam menentukan performa dan umur pakai kendaraan, yang pada akhirnya juga dirasakan dalam segi keamanan dan kenyamanan ketika berkendara sehari-hari,” kata dia, Kamis (21/12/2023).

Setiap suku cadang memiliki fungsi yang berbeda-beda yang bila digabungkan maka komponen-komponen ini akan saling memengaruhi satu sama lain sehingga kendaraan dapat berfungsi maksimal.

Oleh sebab itu, Suzuki menekankan sangat penting untuk memperhatikan penggunaan suku cadang yang berkualitas dan sesuai dengan anjuran pabrik. 

Penggunaan suku cadang asli yang telah terstandarisasi ini dinilai menjadi jenis terbaik untuk digunakan pada kendaraan karena telah teruji oleh teknisi yang kompeten, memiliki usia pakai hingga tiga kali lipat lebih lama dibanding jenis tiruan, serta menjaga kesehatan kendaraan dalam jangka panjang yang pada akhirnya berpengaruh terhadap biaya perawatan kendaraan.

Suzuki membagikan tips cara membedakan suku cadang asli dan tiruan yang dapat dilakukan secara mandiri dan mudah.

Perbedaan yang paling signifikan dapat dilihat melalui kualitas warna dan tulisan pada kemasan. Biasanya, suku cadang asli dikemas dengan kemasan khusus yang didukung dengan identifikasi yang berkualitas dan memiliki hologram khusus dibandingkan dengan yang tiruan.

Bila ingin memeriksa dengan lebih teliti dan akurat, pelanggan juga dapat menyesuaikan nomor seri yang ada pada kemasan suku cadang dengan katalog resmi Suzuki.

Selain itu, suku cadang yang asli dibeli di jaringan penjualan suku cadang Suzuki memiliki garansi resmi 12 bulan atau 20.000 km untuk mobil, serta masa garansi enam bulan untuk suku cadang sepeda motor dan mesin tempel kapal atau Outboard-Motor (OBM).

Pelanggan juga diimbau untuk membeli suku cadang melalui sumber yang tepercaya. Ketika hendak melakukan penggantian suku cadang kendaraan, pelanggan dapat mencari dan membelinya melalui aplikasi MySuzuki atau datang langsung ke bengkel resmi Suzuki dan toko suku cadang rekanan resmi dari Suzuki.

“Penggunaan suku cadang untuk kendaraan menjadi sebuah investasi bijaksana yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan, karena dengan demikian, maka kualitas kendaraan yang dimiliki dapat dipastikan tetap terjaga," kata Christiana.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement