Senin 18 Dec 2023 00:06 WIB

Mobil Listrik Vs Mobil Bensin: Mana yang Lebih Hemat Secara  Biaya dalam Jangka Panjang?

Sejumlah komponen yang harus diganti di mobil bensin tidak ada di mobil listrik.

SUV listrik Urban baru dari Toyota akan menantang Volvo EX30 yang harganya terjangkau sebagai kendaraan listrik termurah. SUV  listrik urban koncept ini diperkenalkan di Brussels, Belgia, Senin (4/12/2023).
Foto: Toyota
SUV listrik Urban baru dari Toyota akan menantang Volvo EX30 yang harganya terjangkau sebagai kendaraan listrik termurah. SUV listrik urban koncept ini diperkenalkan di Brussels, Belgia, Senin (4/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,Era mobil listrik semakin bergairah di Indonesia. Produsen mobil listrik China terus menambah jajaran produknya mobil listriknya. Memasuki tahun 2024 yang tinggal dua pekan lagi para pemain kendaraan listrik terkemuka asal China juga akan menyerbu Indonesia dengan produk andalannya yang sangat laris di pasar global.

Dengan sebagian besar produsen mobil ternama yang memiliki lini kendaraan listriknya, tampaknya kendaraan listrik tidak diragukan lagi, adalah masa depan industri otomotif.

Banyak orang mencari mobil kedua atau ketiganya. Beberapa di antaranya merupakan penggemar kendaraan berbahan bakar minyak, dan enggan beralih ke hal lain. Lainnya bertujuan untuk efisiensi energi dan mengurangi jejak karbon.

Namun mana yang paling hemat biaya? Apakah lebih murah memiliki kendaraan berbahan bakar bensin, atau apakah kendaraan listrik merupakan pilihan yang tepat?

Gunakan mobil listrik

“Biaya rata-rata untuk mengoperasikan kendaraan listrik di Amerika Serikat adalah 485 dolar AS per tahun, sedangkan rata-rata biaya untuk kendaraan bertenaga bensin adalah 1.117 dolar AS,” kata sebuah studi yang dilakukan oleh Institut Transportasi Universitas Michigan.

Dalam jangka panjang, memiliki kendaraan listrik akan lebih murah – itulah sebabnya banyak orang Amerika meninggalkan mobil bertenaga bensin ketika ingin menambahkan kendaraan baru ke dalam rumah tangga mereka.

Pada akhirnya, memiliki kendaraan listrik lebih bermanfaat bagi dompet Anda.

Biaya bensin lebih besar

“Menggunakan mobil listrik berarti Anda tidak harus mengeluarkan biaya mahal ke pompa bensin, yang merupakan salah satu daya tarik terbesar untuk beralih,” kata Courtney Lindwall dari Dewan Pertahanan Sumber Daya Nasional AS.

Dengan harga bahan bakar yang terus berubah, pengemudi kendaraan listrik menemukan stabilitas dalam harga pengisian kendaraan listrik yang hampir konstan. Lebih baik lagi bagi mereka yang dapat mengisi daya di rumah.

Mereka yang memiliki pengisi daya kendaraan listrik di rumah dapat menghemat lebih banyak uang dan mengurangi waktu yang dihabiskan di stasiun pengisian kendaraan listrik umum.

Bahkan bagi pemilik kendaraan listrik yang hanya memiliki akses ke stasiun pengisian umum, mengisi daya kendaraan listrik lebih murah dibandingkan mengisi tangki mobil mereka.

Perawatan lebih murah EV

Komponen utama kendaraan bertenaga bensin sering kali terlalu mahal untuk diganti. Banyaknya komponen, seperti busi atau mesin bertenaga bensin, dapat membuat biaya perawatan menjadi mahal.

“Tanpa penggantian busi atau penggantian oli, kendaraan listrik memiliki biaya perawatan yang jelas,” kata Lindwall. “EV juga memiliki fitur unik pengereman “regeneratif” – memulihkan energi yang biasanya hilang saat pengereman – sehingga menghemat penggantian bantalan rem.”

Tidak ada penggantian oli atau penggantian bantalan rem yang menarik calon pembeli kendaraan listrik — biaya perawatan komponen ini dapat menghabiskan banyak biaya. Mereka yang membeli kendaraan listrik tidak harus berurusan dengan tingginya biaya perawatan kendaraan listrik.

Mengingat kondisi kendaraan bertenaga bensin dan listrik saat ini, kendaraan listrik adalah cara berkendara yang paling hemat biaya.

sumber : gobankingrates.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement