Rabu 13 Dec 2023 19:42 WIB

Bapanas Jamin Kebutuhan Pangan Natal 2023 Masih Aman

Saat ini harga beras masih mencapai Rp 15 ribu per kilogram.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino kepada sejumlah penerima manfaat di Kantor Pos Pekalongan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023).
Foto: Dok. Muchlis Jr - Biro Pers
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino kepada sejumlah penerima manfaat di Kantor Pos Pekalongan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Badan Pangan Nasional memastikan kebutuhan pangan untuk masyarakat menjelang perayaan Natal 2023 hingga tahun baru 2024 masih aman karena prognosa kebutuhan pangan dengan pasokan masih cukup.

"Prognosa dari kebutuhan pangan masih cukup," kata Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi di Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023).

Baca Juga

Menurut dia, selama sepekan terakhir ini, pihaknya bersama Kementerian Perekonomian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pertanian, dan Badan Pangan Nasional sudah disiapkan kebutuhan pangan hingga perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kemudian, bantuan pangan ini diberikan kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dan dilanjutkan pada Januari hingga Maret 2024 yang diperkirakan akan naik 8 persen, yaitu 22 juta KPM.

"Yang jelas, ini (bantuan itu) tidak ada kaitan dengan politik. Ini, masyarakat karena memerlukan beras, ini ada list dari Kemenko PMK yang selalu diperbarui," katanya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih berkonsentrasi dengan adanya kemungkinan inflasi tertinggi seperti beras, cabai, dan gula menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Sehingga pemerintah sedang mempersiapkan ketersediaan komoditas tersebut.

"Untuk beras, sudah menyiapkan stok 3,8 juta ton. Kemungkinan, masuk terakhir pada Januari atau pertengahan Februari 2024 sehingga nanti menjelang panen raya, Bulog sudah harus mempersiapkan diri," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini harga beras masih mencapai Rp 14 ribu per kilogram hingga Rp 15 ribu per kilogram atau terjadi kenaikan dibanding sebelumnya sebesar Rp 11 ribu per kilogram hingga Rp 11.500 per kilogram.

"Hal itu, tidak terjadi di Indonesia saja namun juga di seluruh dunia karena akibat adanya kenaikan harga pupuk, biaya transportasi, bahan bakar minyak (BBM), dan logistik yang menjadi faktor pendukung itu," katanya.

Direktur Human Capital Perum Bulog Purnomo mengatakan ketersediaan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 masih aman karena stok hingga akhir Desember 2023 sekitar 1,5 juta ton.

"Kecukupan pangan untuk Desember 2023 sudah terpenuhi dan insya Allah untuk Januari hingga Maret 2024 juga akan terpenuhi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement