Selasa 12 Dec 2023 16:22 WIB

Nataru Pertamina Siagakan Fasilitas Pengisian Mobile di Tol Fungsional Solo-Yogyakarta

Pertamina Patra Niaga menyiagakan layanan BBM Mobile.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Gita Amanda
Suasana rest area fungsional KM 444 B tol Semarang- Solo di Tuntang, Kabupaten Semarang yang mulai dipadati oleh kendaraan arus balik, pada H+2 Lebaran 1444 Hijriyah, Senin (24/4/2023).
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Suasana rest area fungsional KM 444 B tol Semarang- Solo di Tuntang, Kabupaten Semarang yang mulai dipadati oleh kendaraan arus balik, pada H+2 Lebaran 1444 Hijriyah, Senin (24/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menusul bakal dioperasionalkannya Jalan Tol Fungsional Solo-Yogyakarta, di wilayah Colomadu, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) bakal menyiagakan layanan BBM mobile. Hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan layanan BBM bagi para pengguna jalan tol fungsional tersebut pada saat masa Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) mendatang.

Region Manager Retail Sales Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) Bayu Suryo Kusumo mengungkapkan, pada masa libur nataru jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta bakal dibuka.

Baca Juga

Terkait hal ini, PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT telah berkoordinasi dengan PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) dan pihak-pihak terkait dalam rangka mendukung pelayanan pengisian BBM arus lalu lintas Nataru.

“Terlebih, dibandingkan dengan masa Satgas Idul Fitri 2023 lalu, jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta ini bakal dibuka lebih panjang, mencapai 13 kilometer,” ujarnya, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/12/2023).

Dari hasil koordinasi tersebut, Bayu melanjutkan, pihak PT JMJ belum menizinkan untuk penempatan fasilitas pengisian BBM Pertamina, meski dalam bentuk SPBU Modular dengan berbagai pertimbangan.

Sehingga untuk layanan pengisian BBM, PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT akan menyiagakan fasilitas pengisian BBM mobile, berupa kendaraan yang akan mengangkut BBM dalam kemasan.

Dengan begitu, layanan pengisian BBM yang bersifat darurat, tetap akan dapat dilakukan pada saat pengguna jalan memanfaatkan dibukanya jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta, di kawasan Colomadu tersebut.

“Naninya akan kami siagakan dua kendaraan pengangkut BBM dalam kemasan (fasilitas pengisian BBM mobile) di ruas tol fungsional Solo- Yogyakarta tersebut, pada masa Satgas Natal dan Tahun Baru nanti,” katanya.

Seperti diketahui, Jalan Tol Fungsional Solo-Yogyakarta bakal dibuka untuk arus lalu lintas Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 nanti sepanjang 13 kilometer, mulai dari STA 0,0 hingga STA 13 di wilayah Karanganom, Kabupaten Klaten.

Pembukaan jalan tol fungsional ini rencananya untuk satu jalur. Pada saat arus mudik akses jalan tol fungsional akan dibuka dari Gerbang Tol Colomadu dan Exit Tol jalan Arteri Semarang-Solo (sebelah barat Mapolsek Banyudono) ke arah Karanganom.

Sementara pada arus balik Natal dan Tahun Baru, jalan tol fungsional Solo- Yogyakarta ini akan dibuka dari arah Yogyakarta dengan akses masuk dari Karanganom ke arah Colomadu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement