Selasa 12 Dec 2023 15:24 WIB

Shopee Komitmen Dongkrak Penjualan Bisnis Brand Lokal dan UMKM di Indonesia

Pertumbuhan pesat brand lokal dan UMKM adalah peran krusial platform e-commerce.

Pengunjung memilih produk fesyen dari brand lokal. (ilustrasi)
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pengunjung memilih produk fesyen dari brand lokal. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Era digital telah membuka pintu bagi brand lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk tumbuh pesat, lebih tangguh, mengukir prestasi yang mengesankan di panggung bisnis digital. Salah satu kunci sukses yang mendorong pertumbuhan pesat brand lokal dan UMKM adalah peran krusial platform e-commerce.

Dalam hal ini, kemudahan dalam membuat dan mengelola toko online, serta aksesibilitas ke teknologi mulai dari pengiriman dan transaksi jual-beli yang aman, ditambah beragam fitur, inisiatif dan kampanye menarik, serta program edukasi yang membantu para penjual dapat beradaptasi dengan teknologi dan tren terkini.

Baca Juga

Menelaah kondisi pasar di beberapa bulan terakhir, konsistensi dan dukungan platform e-commerce, khususnya Shopee, telah memberikan warna baru dan kontribusi dalam sejarah  pertumbuhan bisnis lokal di Indonesia. Sejalan dengan misi pemerintah dalam mendukung perkembangan ekonomi digital UMKM, program dan fitur yang Shopee hadirkan menjadi salah satu bentuk nyata bahwa rangkaian penawaran selama kampanye berlangsung memberikan kesempatan dan peluang bagi brand lokal dan UMKM.

Cara Shopee perkuat potensi pertumbuhan bisnis brand lokal dan UMKM

Indonesia memiliki banyak para pelaku usaha lokal dengan kreativitas dan ragam produk yang memiliki ciri khas masing-masing. Sudah sepatutnya segala bentuk kreativitas diapresiasi, termasuk brand karya anak bangsa. Shopee percaya dalam membantu dan memberikan pembinaan kepada UMKM merupakan tugas bersama berbagai pihak.

Sepanjang tahun ini Shopee telah menjalankan berbagai program dan inisiatif terbaru yang bertujuan untuk mendukung perkembangan bisnis para pelaku usaha lokal, baik yang sudah resmi menjadi penjual di Shopee maupun yang baru akan mendaftarkan bisnisnya secara online di Shopee.

Membangun fondasi yang kokoh untuk memperkuat potensi pertumbuhan bisnis ekosistem Shopee, festival belanja 11.11 Big Sale kemarin mencatatkan pencapaian yang luar biasa bagi para brand lokal dan UMKM. Tercatat peningkatan transaksi hingga 7 kali lipat dari brand lokal dan UMKM di puncak kampanye dibandingkan hari biasa. Hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat dalam menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif. 

Antusiasme partisipasi brand lokal dan UMKM turut mendukung rangkaian kampanye Shopee setiap bulannya dalam menghadirkan kelengkapan produk variatif dari berbagai kategori. Sehingga secara tidak langsung menjadi motivasi masyarakat untuk semakin semangat berburu produk incaran lokal dan UMKM. Khususnya pada kategori Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup yang ternyata mendapat perhatian spesial di hati konsumen sepanjang kampanye 11.11. 

Tidak hanya itu, demi menciptakan hubungan pembeli dan penjual terutama brand lokal dan UMKM yang lebih dekat, ragam fitur seperti Shopee Live menawarkan solusi melalui interaksi dan komunikasi langsung secara real-time. Memungkinkan pembeli untuk bertanya tentang produk, dan bahkan melihat demonstrasi produk secara lebih jelas demi meningkatkan kepercayaan menjadi daya tarik tersendiri.

Antusiasme ini terlihat dari peningkatan jumlah sesi Shopee Live yang dihadirkan oleh brand lokal dan UMKM pada puncak kampanye 11.11 hingga 6 kali lipat. Aspek ini semakin menunjukan lewat live streaming kini telah menjadi wadah untuk penjual dalam membangun komunitas dengan para pelanggan.

 
photo
Brand lokal Eiger memecah rekor meraih 16 kali lipat omzet dalam sesi jualan live streaming. - (Dok Pribadi)

 

Komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM 

Memperkuat potensi merupakan langkah lanjutan guna menciptakan bisnis yang berkesinambungan. Melalui komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kami juga menghadirkan serangkaian program, salah satunya yaitu Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor yang hadir sebagai one-stop solution bagi UMKM untuk meningkatkan kualitas dan merambah pasar dunia.

Selain itu, Program Ekspor Shopee dapat menjadi salah satu strategi untuk memperluas bisnis ke pasar luar negeri. Kesempatan ini ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh brand lokal dan UMKM di Shopee dimana tercatat peningkatan pesanan ekspor yang mencapai lebih dari 4 kali lipat pada puncak kampanye 11.11 Big Sale.

Program Ekspor Shopee bukan hanya pintu gerbang untuk membuka kesempatan baru, namun juga alat untuk memperkuat strategi bisnis. Tentunya para brand lokal dan UMKM akan dibimbing mengenai bagaimana memahami tren pasar internasional, menyesuaikan produk dengan preferensi global, sambil mengoptimalkan platform e-commerce Shopee sebagai strategi kedepannya. Dan diharapkan melalui program inovatif yang Shopee hadirkan dapat dengan senantiasa membantu para brand lokal dan UMKM semakin maju.

Pertumbuhan brand lokal dan UMKM bersama Shopee

Sebagai bentuk komitmen dari perwujudan misi dalam memberdayakan Brand Lokal dan UMKM, berbagai inisiatif yang Shopee hadirkan tidak hanya bertujuan untuk mendukung pelaku bisnis lokal di berbagai daerah di Indonesia, namun juga memberikan kesempatan setara dalam pengembangan usaha dan peningkatan daya saing bisnis melalui pemanfaatan teknologi. 

Faktanya keunggulan dan keuntungan berbelanja pengguna juga memberikan dampak positif bagi mitra brand lokal di setiap kampanye, termasuk kampanye 11.11 Big Sale yang lalu. Menjadi kekuatan yang saling menguntungkan antara Shopee dan penjual. Dampak positif ini turut dirasakan bagi mitra brand lokal Benang Jarum yang berhasil mencatatkan peningkatan transaksi hingga lebih dari 93 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Telah bergabung bersama Shopee sejak tahun 2020, sang pemilik brand Allyssa Hawadi, Co-Founder Benang Jarum mengungkapkan menjadi bagian dari kemeriahan 11.11 Big Sale tentunya merupakan salah satu strategi efektif yang memang dimanfaatkan. "Kami senang bisa tumbuh bersama dan merasakan atmosfer positif dari para pengguna Shopee untuk brand kami sejak awal bergabung. Sebagai pelaku usaha di bidang fesyen, kolaborasi ini bukan hanya membuka kesempatan bagi pertumbuhan bisnis kami hingga saat ini, tetapi juga menciptakan peluang berkelanjutan sehingga brand lokal semakin diakui dan dikenal masyarakat luas. Kami harap kedepannya Shopee akan selalu menghadirkan inovasi untuk mendukung kami mencapai kesuksesan bersama,” ujarnya.

Selain itu, termasuk dalam kategori yang mendapatkan antusias tinggi, brand kecantikan NAMA Beauty juga merasakan pencapaian yang luar biasa. Berpartisipasi dalam Shopee 11.11 Big Sale dan memanfaatkan fitur yang dihadirkan sepanjang kampanye berlangsung, NAMA juga berhasil mencatatkan peningkatan lebih dari 64 kali lipat produk terjual dibandingkan hari biasa. 

Menuju masa depan brand lokal dan UMKM berkelanjutan

Melalui pendekatan kreatif dan strategis, Shopee berhasil menciptakan momentum positif, menggugah minat konsumen, dan membantu pelaku bisnis lokal dan UMKM untuk menembus pasar yang lebih luas. Baik kampanye angka kembar, program, penawaran terbaik, hingga fitur interaktif tidak hanya sekadar menciptakan cara berjualan yang menyenangkan tetapi juga menjadi pendorong dalam menciptakan potensi pertumbuhan bisnis yang lebih luas dan menguntungkan bagi berbagai pihak.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement