REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah tumbuhnya semangat brand lokal di Jakarta, dunia kreatif juga berkembang dinamis. Fotografer dan kreator konten kini jadi bagian penting dari lanskap industri kreatif, dengan kebutuhan kian spesifik terhadap perlengkapan kerja mereka.
Dari kebutuhan inilah KEE hadir, brand tas kamera yang lahir dari pengalaman nyata di lapangan. Mengedepankan desain yang berpusat pada pengguna, KEE menghadirkan produk yang tak hanya fungsional, juga memahami keseharian dan tantangan kreator visual.
Riky Santoso, founder KEE, membagikan kisah perjalanannya. Ia menuturkan, sebelum membangun bisnis KEE, ia berkarier sebagai fotografer sejak masih SMA. Dulu ia sempat kesulitan mencari tas kamera yang terjangkau tapi tetap berkualitas.
Waktu itu, pilihan tas kamera lokal masih sangat terbatas, kalau tidak terlalu bulky, harganya mahal. Dari situ, ia berpikir untuk membuat tas sendiri yang sesuai kebutuhan fotografer dengan harga yang terjangkau.
Sejak awal, ia ingin menciptakan produk yang benar-benar fungsional dan tahan lama. Kami memulai semuanya dari skala kecil, produksi sendiri, sambil terus menyempurnakan sistem kerja.
‘’Kini KEE berkembang menjadi brand yang tidak hanya memproduksi tas kamera, juga melebarkan lini produk ke kategori daily dan fashion bag, serta memperluas jangkauan pasar lewat kolaborasi bersama Shopee,’’ kata Riky, dikutip Senin (23/6/2025).
KEE: Amankan Gear dan Menginspirasi Gaya Hidup Urban Bersama Shopee
Perjalanan KEE bermula dari pengalaman Riky sebagai fotografer yang kerap berpindah lokasi untuk hunting foto tetapi kesulitan menemukan tas kamera ideal. Tas yang tak hanya fungsional, juga tahan banting, ringan, dan mudah dibawa dalam aktivitas harian.
Tahun demi tahun, dengan bantuan pengrajin lokal berpengalaman, pria kelahiran 1995 ini membangun KEE sebagai solusi untuk fotografer dan kreator konten yang aktif di lapangan. Produk pertamanya, tas kamera Beetle 1.0 yang berhasil terjual lebih dari 100 ribu barang hingga saat ini.
Transformasi bisnis KEE makin terasa ketika mulai bergabung dengan Shopee dan merasakan peningkatan penjualan lebih dari 10 kali lipat dibandingkan saat awal bergabung. Bagi KEE, platform ini bukan hanya kanal distribusi, tapi wadah strategis untuk mengenal pasar lebih luas dan memaksimalkan interaksi dengan audiens muda urban.
“Shopee memberi kami kesempatan tampil di panggung lebih besar, menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia. Salah satu titik balik penting ketika kami mulai rutin melakukan sesi Shopee Live dan kami bisa berinteraksi langsung dengan audiens, menjelaskan detail produk, menjawab pertanyaan, hingga mendemonstrasikan fitur-fitur secara real-time,’’ kata Riky.
Dampaknya, jelas dia, sangat terasa. Penjualan meningkat hingga 40 persen dari 2023 ke 2024, berkat kedekatan yang terbangun dengan pelanggan.
Di KEE, ia percaya bahwa yang ditawarkannya bukan sekadar tas tetapi juga rasa aman. Itulah mengapa setiap produk hadir dengan garansi seumur hidup sebagai bentuk komitmen terhadap kualitas dan perlindungan gear pelanggan.
‘’Kami harap garasi ini memberi rasa percaya diri bagi pengguna, menghadirkan rasa aman, dan menjadi nilai tambah yang membuat mereka semakin yakin memilih KEE,” jelas Riky.
Merangkul Lokalitas, Membangun Brand Skala Nasional
Sebagai brand asli Jakarta, KEE tumbuh dengan semangat kolaborasi dan kepedulian terhadap ekosistem lokal. Sejak awal, KEE menjalin kemitraan erat dengan pengrajin lokal. Bukan hanya untuk menjaga kualitas produk juga kontribusi bagi keberlangsungan industri kreatif dalam negeri.
Kontrol kualitas yang ketat menjadi standar utama, memastikan setiap produk yang sampai ke tangan konsumen membawa nilai craftsmanship dan ketahanan yang bisa diandalkan. Komitmen inilah yang membuat KEE tidak hanya relevan secara lokal, tetapi juga mampu bersaing secara nasional.
Memasuki 2025, KEE tengah mempersiapkan koleksi terbaru yang lebih selaras dengan gaya hidup dan kebutuhan pasar saat ini. Tidak lagi hanya berfokus pada tas kamera, KEE memperluas lini produknya ke daily bag dan fashion bag bergaya urban yang serbaguna dan inklusif—cocok digunakan oleh siapa pun, kapan pun.
Seluruh koleksi akan diluncurkan secara eksklusif di Shopee, memanfaatkan berbagai fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video, serta kanal Shopee Pilih Lokal, yang menjadi jendela utama bagi konsumen untuk menemukan produk UMKM berkualitas lengkap dengan berbagai promo menarik.
Menjelang Hari Ulang Tahun Jakarta ke-498, perjalanan KEE menjadi refleksi nyata dari semangat kota ini yang penuh inisiatif, dinamis, dan berakar pada kreativitas anak muda.
Dari awalnya sekadar mimpi seorang fotografer untuk menciptakan tas ideal, KEE kini menjelma menjadi brand yang dipercaya ribuan pelanggan di seluruh Indonesia.
Semua berangkat dari satu misi sederhana namun kuat: melindungi gear para kreator, mendukung ekspresi mereka, dan menghadirkan solusi fungsional yang menyatu dengan gaya hidup urban.
Ke depan, KEE berharap pemerintah juga semakin aktif mendorong pertumbuhan UMKM melalui berbagai program dan pameran, serta memberikan ruang prioritas bagi produk UMKM.
Karena bagi KEE, membangun brand bukan hanya soal produk, tetapi juga soal kontribusi terhadap komunitas dan kota tempatnya tumbuh.
Kunjungi KEE di Shopee melalui https://shopee.co.id/kee.id. Untuk mendukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM, Shopee menghadirkan kanal Shopee Pilih Lokal, wadah khusus untuk kurasi produk lokal berkualitas dengan berbagai penawaran menarik.