Rabu 29 Nov 2023 19:20 WIB

Mengenal Charlie Munger 'Oracle of Pasadena'

Sejak awal bertemu, Munger tahu Buffet bukan orang biasa.

Vice Chairman Berkshire Hathaway Charlie Munger.
Foto: REUTERS/Rick Wilking
Vice Chairman Berkshire Hathaway Charlie Munger.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Para penggemarnya menjuluki Warren Buffett sebagai "Oracle of Omaha". Namun, orang kepercayaan Warren Buffet dan Vice Chairman Berkshire Hathaway Inc Charlie Munger juga dihormati oleh para pengikutnya sendiri, yang menjulukinya sebagai "Oracle of Pasadena" yang diambil dari nama kampung halamannya di California.

Dilansir Reuters, Rabu (29/11/2023), lahir pada 1 Januari 1924, Munger saat masih kecil pernah bekerja paruh waktu di toko kelontong Omaha yang dikelola oleh kakek Buffett, Ernest. Buffett juga bekerja di sana meskipun dia dan Munger, yang berusia 6,5 tahun lebih tua, tidak bekerja bersama. Munger kemudian mendaftar di Universitas Michigan, tetapi keluar untuk bekerja sebagai ahli meteorologi di Korps Udara Angkatan Darat AS selama Perang Dunia II.

Baca Juga

Meski tidak pernah mendapatkan gelar sarjana, Munger lulus dari Harvard Law School pada 1948. Dia kemudian berpraktik hukum di Los Angeles, ikut mendirikan firma hukum yang sekarang dikenal sebagai Munger, Tolles & Olson, sebelum beralih pada pertengahan 1960an untuk mengelola investasi di bidang saham dan real estat.

Munger sukses, dengan mudah mengungguli pasar yang lebih luas antara 1962 dan 1975 melalui kemitraan investasinya Wheeler, Munger & Co. Menurut penulis biografi Buffett Alice Schroeder, Munger bertemu Buffett di Omaha pada 1959, di sebuah ruangan privat di Omaha Club.

 

Mereka "bergaul tete-a-tete" setelah diperkenalkan. Lebih banyak percakapan terjadi kemudian dan mereka segera saling mengobrol melalui telepon selama berjam-jam. Hal itu sempat membuat istri Munger heran. "Mengapa kamu begitu memperhatikannya?" Istri kedua Munger, Nancy, dikabarkan bertanya kepada suaminya. "Kamu tidak mengerti," jawab Munger. "Dia itu bukan manusia biasa."

Munger hidup sederhana dan mengendarai mobilnya sendiri, meskipun ia menggunakan kursi roda di tahun-tahun terakhirnya. Dia juga seorang dermawan, menjanjikan lebih dari 100 juta dolar AS pada 2013 untuk membangun perumahan di Universitas Michigan. Istrinya, Nancy Munger, meninggal pada 2010. Charlie Munger memiliki enam anak dan dua anak tiri dari pernikahannya.

 

 

sumber : ANTARA
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement