Jumat 24 Nov 2023 18:20 WIB

Inovasi Terbaik, QRIS Raih Penghargaan Tingkat Asia Pasifik

Penghargaan tersebut bermanfaat untuk mendorong budaya berinovasi.

Ilustrasi transaksi QRIS.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ilustrasi transaksi QRIS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Antarnegara meraih Gold Award, atau menjadi yang terbaik dalam ajang internasional Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023, untuk kategori Operational Efficiency di Thailand. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengatakan ​​​​​​QRIS Antarnegara sebagai inovasi berkelanjutan fitur QRIS yang memungkinkan transaksi pembayaran dilakukan secara lintas batas (cross border).

"Kategori efisiensi operasional menunjukkan bahwa QRIS telah berperan dalam meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran dalam memfasilitasi aktivitas ekonomi antarnegara secara lebih mudah dan aman bagi masyarakat dan pelaku usaha, khususnya UMKM, serta mendukung konektivitas pembayaran dan inklusi," kata Erwin di Jakarta, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga

Implementasi QRIS sebagai metode pembayaran digital merupakan bagian dari bauran kebijakan BI untuk memperluas digitalisasi sistem pembayaran. Dengan diterimanya penghargaan tersebut, Qorus menilai QRIS sebagai inovasi yang memenuhi kriteria di antaranya orisinalitas yaitu sebagai ide yang unik, bermanfaat dalam jangka panjang, berlaku universal secara lintas negara, dan telah teruji.

Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023 merupakan penghargaan terhadap inovasi lembaga keuangan dalam skala besar yang membentuk masa depan jasa keuangan di suatu kawasan. Penghargaan tersebut bermanfaat untuk mendorong budaya berinovasi di lembaga keuangan.

 

Qorus berkedudukan di Prancis, merupakan lembaga independen yang berpengalaman 50 tahun di dalam memberikan konsultasi, penyelenggaraan acara, komunitas global sebagai katalisator lembaga keuangan, khususnya perbankan, untuk mengoptimalkan potensi digital yang membantu kebutuhan masyarakat.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement