Kamis 23 Nov 2023 19:00 WIB

Nataru, Pemilu, dan Lebaran Berdekatan, Uang Beredar Cukup?

Dalam beberapa bulan ke depan, sejumlah momen besar akan muncul secara berdekatan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Pegawai menghitung uang rupiah.
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Pegawai menghitung uang rupiah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa bulan ke depan, sejumlah momen besar akan muncul secara berdekatan. Momen tersebut yakni Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, Pemilihan Umum (Pemilu) pada Februari 2024, dan Lebaran Idul Fitri pada April 2024.

"Kalau Pemilu 2024 ini akan bareng tiga event lainnya. Jadi nanti akan bareng dengan Nataru menjelang Pemilu dan Ramadhan Idul Fitri," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono dalam konferensi pers RDG Bulanan BI November 2023, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga

Untuk itu, Doni memastikan Bank Indonesia juga menyiapkan kecukupan uang beredar. Dia menegaskan, BI sudah melakukan perhitungan dan tetap akan dilakukan dengan kebijakan.

"Tentunya akan mengoptimalkan uang yang layak edar dan biasanya uang baru itu untuk yang merayakan Nataru, Ramadhan, dan Idul Fitri," ucap Doni.

 

Doni menambahkan, BI juga sudah mulai melakukan distribusi atau front loading untuk lima bulan ke depan. Dia mengungkapkan hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi crowded.

Dia menambahkan, BI sudah berkoordinasi dan bekerja sama dengan perbankan untuk menyiapkan hal tersebut. "Dari sisi angka kami sementara menghitungnya enam sampai delapan persen dari kebutuhan normalnya," tutur Doni.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement